DPRD Lebak Umumkan Tiga Calon Pj  Bupati Pengganti Iti , Berikut  Nama – namanya

Caption : Ketua DPRD Lebak M Agil Zulfikar ketika mengumumkan tiga nama Pj Bupati Lebak Pengganti Iti Octavia Jayabaya 

JUARAMEDIA, LEBAK – DPRD Lebak umumkan tiga nama Pj Bupati Lebak, Ketiganya adalah (1) Yedi Rahmat SE, Jabatan Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kementerian Dalam Negeri /BNPP. (2) Drs Septo Kalnadi MM Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, dan (3) Gunawan Rusminto AP, M, Si Kepala Biro Pemerintahan Otonomi Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Banten.

” Ketiga calon yang kita usulkan tersebut, dipastikan mempunyai silsilah atau irisan dengan Kabupaten Lebak” ujar M Agil Zulfikar Ketua DPRD Lebak kepada  awak media di gedung DPRD Lebak, 9 Oktober 2023.

Terkait dengan ketiga nama Pj yang di usulkan itu , sambung Agil telah berproses sejak dua minggu lalu.

” Dan ada beberapa kriteria yang menjadi tolak ukur anggota DPRD, khususnya para pimpinan fraksi. Salah satunya calon yang di usulkan itu harus memiliki irisan dengan Kabupaten Lebak” imbuh Politisi Partai Gerindra ini.

Nama Yedi misalnya, menjadi nama yang direkomendasikan fraksi untuk di usulkan, karena yang bersangkutan merupakan kelahiran dan  asli Lebak.

” Dan Insya Allah memahami kontek sosial, politik dan ekonomi di Kabupaten Lebak” Imbuh Agil.

Sementara, untuk nama Septo Kalnadi, sambung Agil yang bersangkutan saat ini menjabat Kadisnakertrans Provinsi Banten.

” Beliau nenek moyangnya asli dari  Lebak dan memiliki pengetahuan ketika interaksi dengan kita mengetahui sosial politik dan ekonomi di Kabupaten Lebak” katanya.

Sedangkan, untuk nama Gunawan Rusminto, kata Agil meski tidak lahir dan besar di Kabupaten Lebak.

” Tapi beliau memiliki istri orang  Lebak, yaitu berasal dari Lebak Selatan, tepatnya Kecamatan Cihara ” katanya.

” Dan beliau juga sering hilir mudik ke Kabupaten Lebak, karena kebetulan sebagai ketua unit pengumpul zakat pegawai  Provinsi Banten. Beliau juga pada tahun 2020 sempat menjabat Pj Bupati Pandeglang ” Imbuh Agil.

Kaitan dengan Pj Bupati Lebak ini kata Agil, merupakan hasil rumusan secara hati hati dan memilih yang terbaik.

” Tentunya ini semua agar akselerasi dan estapet ke pemimpinan dari Ibu Iti Octavia Jayabaya ke bakal Pj yang akan terpilih berjalan dengan baik” katanya.

Untuk diketahui, usai di usulkan ke tiga Pj tersebut akan melalui dua proses, yakni proses seleksi di Kemendagri dan  wawancara pimpinan lembaga tinggi negara.

Selain itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakilnya Ade Sumardi akan meletakkan jabatanya pada 4 Nopember 2023. Karena keduanya mencalonkan sebagai anggota Legislatif Priode 2024-2029, Iti Octavia Jayabaya Nyalon sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat, sedangkan Ade Sumardi Nyalon sebagai Anggota DPRD Banten dari PDIP. (jm)