Pemdes Inten Jaya Realisasikan Program Ketapang , Bangun JUT Di Dua Titik

Caption : Pembangunan JUT di Desa Inten Jaya 

JUARAMEDIA,LEBAK- Pemerintah Desa Inten Jaya , Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak,Banten merealisasikan program pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di dua lokasi desa setempat .Anggaran program JUT tersebut bersumber dari APBDes TA 2022.

” Masing masing titik anggaranya Rp 100 Juta dengan lebar 2 meter , panjang 430 meter untuk di kampung Nanger dan 460 meter kampung Masdem” Ujar Masri Kades Inten Jaya di Cimarga , Senin (29/8/2022).

Menurut Masri , program pembangunan JUT bertujuan untuk mempermudah akses dan pendistriusian hasil pertanian masyarakat setempat . Sehingga tingkat pendapatan ekonomi para petani bisa meningkat .

” Yang pasti pembangunan JUT ini merupakan program ketahanan pangan di desa Kami ” Imbuh Masri .

Sarana dan prasarana pertanian pada era pertanian modern ini,kata Masri sangat dibutuhkan masyarakat petani untuk meningkatkan produktivitas hasil tani.

” Sebab , program JUT ini berpengaruh positif terhadap peningkatan produkvitas para petani . Selain itu , hal ini juga untuk memenuhi persyaratan penggunaan alsintan serta pengangkutan sarana produksi dan hasil panen diperlukan fasilitas jalan, jembatan, serta kelengkapan penunjang lainnya ,” Ungkap Masri.

Hal senada dikatakan Aden Sekdes Desa Inten Jaya, Kecamatan Cimarga. Menurutnya, majunya sistem pertanian tak hanya ditandai dengan modernisasi pertanian saja, tetapi juga untuk meningkat produktivitas dan kesejahteraan para petani melalui JUT.

Dalam konteks sistem pertanian modern, sambung Aden diperlukan penambahan maupun penyempurnaan sarana dan prasarana pertanian yang dapat menunjang usaha tani.

” Yang pasti JUT ini akan mempermudah akses alsintan serta alat angkut lainnya yang dapat menjangkau area persawahan dan perkebunan. Jalan pertanian ini akan memangkas cost produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani,” Katanya .

Sementara itu , Ahmad salah satu petani Kampung Nangger mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih pada pihak Pemdes Intenjaya yang telah membangun atau merealisasikan sarana penunjang program Ketapang tersebut .

” Karena hal ini juga bisa mempermudah kami para petani membawa sarana pertanian dan hand tractor ke areal pesawahan .Juga hasil panennya akan mudah kita angkut atau jual ” Katanya . (Advetorial /Ade/Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *