Kemenag Lebak Diterpa Isu Tak Sedap, Calon Jemaah Haji Diminta Biaya Paspor Rp 1  juta / Orang dan Diarahkan Bergabung ke KBIH Tertentu 

Caption : Ilustrasi Calon Jemaah Haji 

JUARAMEDIA, LEBAK – Tersiar isu tak sedap di lingkungan Kemenag Lebak, terutama di divisi haji. Pasalnya, sejumlah calon Jemaah Haji untuk keberangkatan tahun 2024, diminta biaya untuk pembuatan paspor sebesar Rp 1 juta,dan diarahkan bergabung ke salah satu KBIH tertentu

” Ia saudara saya itu didatangi orang ngakunya sih namanya dari Kemenag katanya, dengan alasan saudara saya itu sudah terdaftar sebagai calon Jemaah Haji, maka diminta segera membuat paspornya, dengan biayanya Rp 1 juta” ujar Sumber JM yang namanya minta di rahasiakan di Rangkasbitung, Jum’at (10/11/2023) lalu

Bahkan kata sumber tersebut, tidak hanya sekedar diminta uang sebesar itu  untuk biaya paspor, tapi calon Jamaah juga diarahkan kepada salah satu KBIH tertentu.

” Saudara saya itu juga di arahkan ke salah satu KBIH tertentu oleh yang mengaku dari pegawai Kemenag Lebak tersebut” Katanya.

Sementara itu, Baban Bachtiar Kasi Haji Kemenag Lebak, membantah adanya pungutan biaya untuk pembuatan paspor bagi calon Jemaah Haji keberangkatan tahun 2024.

” Saya tidak tahu, tapi untuk pembuatan paspor ini, Kemenag  hanya sebatas rekomendasi saja, tidak terlibat langsung soal administrasi yang sifatnya uang.” Kilah Baban kepada JM , (13 /11/2023).

Selain itu, kata Baban Kemenag juga, tidak  pernah mengarahkan ke salah satu KBIH tertentu. Karena KBIH sudah menjadi Mitra Strategis Kemenag dalam penanganan jamaah haji.

” Kita menyarankan semua calhaj bergabung ke KBIH yang ada di Kabupaten Lebak. Tujuanya supaya memudahkan proses pelaksanaan ibadah hajinya.” tandas Baban. (sarif /ujd)