Tangani Program Stunting, Pj Bupati Lebak Ajak Para Pengusaha Gulirkan CSR

Caption : Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan 

JUARAMEDIA,LEBAK- Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan meminta seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Lebak, bisa turut andil melakukan percepatan penurunan Stunting dan pembebasan kemiskinan extrim.

” Memang selama ini pengusaha- pengusaha di Lebak melalui program CSR nya sudah mendukung program stunting kemiskinan, tapi sifatnya Parsial dan sendiri sendiri. Nah ini kita  gabungkan supaya punya effort  yang besar.” ujar Iwan Kurniawan pada awak media, Selasa (30/4 /2024).

Dalam mengatasi stunting ini, sambung Pj Bupati Pemkab Lebak tidak bekerja sama dengan kementrian, tapi mandiri.

” Untuk Anggaran dan program program kita dari APBD TA 2024, kita menginterfensi stunting clasik” imbuh Iwan.

Iwan juga menjelaskan, saat ini pihaknya siaga untuk daerah yang di tetapkan secara nasional stunting dan kemiskinan ekstrim.

” Di kita ada 10 desa untuk stunting, dan 20 desa kemiskinan ektrim” katanya.

Khusus untuk stunting di 10 Desa itu, kata Iwan berada di enam wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Cimarga, Maja, Lewidamar dan Cijaku.

” Di wilayah Kecamatan ini ada 10 Desa yang  penduduk desanya  ditetapkan sebagai stunting” kata Iwan.

Dalam mengatasi stunting ini, kata Iwan pemerintah menerapkan berbagai strategi.

” Ada strategi untuk intesive, spesifik , kemudian  ada strategi kemiskinan untuk pengurangan pendapat pengeluaran, peningkatan pendapatan, itu strategi sudah di tetapkan oleh kebijakan dari pusat. Dan kita akan mengikutinya ,” kata Iwan.

Lebih jauh Iwan juga menjelaskan, selama ini pengusaha pengusaha di Lebak sudah mendukung program stunting kemiskinan, tapi farsial.

“Misalnya mereka sering mengadakan pembagian sembako atau komoditi  beras, nah ini kita gabungkan supaya ada pengurangan pendapatan dengan kolaborasi yang cukup besar,”tetangnya

” Kolaborasi ini tidak ada di Kabupaten lain. Jadi kita inisiasi agar program pengentasan stunting dan kemiskinan di kita bisa terlaksana sesuai harapan ” pungkas Iwan. (budi)