Produk Olahan Singkong Khas Cimarga Banyak Disukai

LEBAK – Beberapa makanan cemilan prodak unggulan dari bahan dasar olahan singkong khas Kecamatan Cimarga, mengejutkan ratusan pengunjung saat memasuki area Pameran Bazar Cemilan yang digelar
oleh Pengurus dan Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) Tanggerang. Acara tersebut berlangsung dialun- alun Desa Marga Jaya, Kecamatan setempat.  Kabupaten Lebak Banten, Senin, (3/12).
” Kami sangat terkejut sejak menanyakan resep makanan cemilan yang ternyata bahan dasarnya sebanyak 80% terbuat dari singkong,” kata Evi salah satu pengunjung Pameran Bazar, kepada Media.
Mengenai penampilan dan rasa, sudah tidak dapat diragukan, daya tarik minat untuk mencicipi sekaligus membeli. Mereka mampu mengedalikannya.
” Saya mengapresiasi beberapa prodak unggulan yang kebanyakan idenya didapat dari Ibu Kader PKK, dengan memanfaatkan Singkong menjadi bahan utama, jika dibandingkan dengan prodak cemilan lokal lainnya. Cemilan khas Cimarga, mulai dari, rasa,penampilan, mampu bersaing dipasaran lokal,” ungkapnya.
Sementara itu Susi salah satu Owner Cemilan Kasava Susi Tambak mengaku, bahwa dirinya terinspirasi untuk membuat jenis cemilan yang terbuat dari singkong, atas dasar gagasan kader ibu-ibu PKK Desa Tambak.
” Sementara kami hanya bisa menjual diwilayah Desa Tambak, kebetulan ada momen Pameran Bazar seperti ini. Kami sebagian pengrajin makanan cemilan di 14 Desa memanfaatkan event ini untuk ajang menimbulkan kreasi sekaligus menjualnya,” ujarnya.
Hal senada salah satu Kader PKK Desa Mekar Jaya Irma mengatakan, prodak cemilan yang kebanyakannya dari olah bahan dasar Singkong.
” Karena kami yakin Singkong bisa dinikmati oleh semua kalangan, prodak dari Desa Mekar Jaya, namanya Comet (Combro Saemet), jika istilah kedalam bahasa Indonesianya, Oncomnya sedikit Singkongnya yang banyak,” kata Irma.
Mengingat banyaknya prodak Singkong dijaman dahulu tidak mengalami perubahan yang diantaranya mulai dari, Getuk, Combro, Katimus dan lainnya.
” Untuk itu kami mengubahnya, agar tampilan disetiap desanya memiliki khas tersendiri. Sehingga makanan cemilan khas Cimarga yang terbuat dari Singkong mampu bersaing dengan prodak unggulan lokal,” pungkasnya. (eza/bin/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *