Angka Stunting di Kecamatan Cibadak Turun Hingga 47 Persen 

Caption: Proses Rapat Dinas di Kecamatan Cibadak yang Tengah Berlangsung.

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Puskemas Kecamatan Cibadak, mencatat setidaknya. 181 balita stunting di 9 desa pada periode Januari hingga September Tahun 2023. Dari 181 penderita stunting, terdapat satu desa yang saat ini mendominasi angka tertinggi jika dibandingkan di Tahun 2022 lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima Juaramedia.com. Tahun 2022, penderita stunting di Kecamatan Cibadak tercatat sebanyak 262 penderita.

“Berkat sinergitas kebersamaan kita dalam menangani kasus stunting. Saya merasa bersyukur, karena di tahun ini angka stunting mengalami penurunan hingga 47 persen,” kata Kepala Puskesmas Cibadak Nurhasanah usai menghadiri rapat dinas di kecamatan setempat. Kamis (5/10/2023).

Menurut Nurhasanah, pada Tahun 2022 lalu, angka stunting mencapai 262 penderita. Sedangkan, di Tahun 2023 tercatat 181 balita stunting.

“Alhamdulilah angka stunting di tahun ini menurun,” ungkapnya.

Dari kesembilan desa yang tercatat memiliki balita stunting di Tahun 2023 kata Nurhasanah, mulai dari Desa Malabar 28 balita, Pasar Keong 33, Cibadak 22, Panancangan 29, Asem 1 balita dan Cisangu 19, Bojong Cae 20 serta Asem Margaluyu 17 berikut di Puskesmas Cimenteng Jaya terdapat 12 balita.

“Dari sembilan desa ada satu desa yang angka penderita stuntingnya terbanyak di tahun ini,” tegas Nurhasanah tanpa menyebutkan desa yang dimaksud.

Camat Cibadak, Yusup Atori menegaskan bahwa kepala desa se- kecamatan Cibadak, diminta untuk dapat meningkatkan pelayanan selama 24 jam terhadap masyarakat.

“Sebenarnya tujuan diadakannya rapat dinas kali ini, yaitu untuk mengetahui perkembangan kegiatan tiap-tiap desa yang berada di Kecamatan Cibadak,” kata Yusup.

Selain itu kata Yusup, pihaknya meminta pemerintahan desa untuk disiplin dalam melaporkan RKP Desa (Rencana Kerja Pemerintah Desa) atau penjabaran dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun anggaran. Di setiap bulannya.

“Dengan digelarnya rapat dinas ini, diharapkan agar semua pihak menjalankan tugasnya dengan  baik, mulai dari bidang administrasi keuangan dan kepegawaian secara tepat waktu. Demikian juga perihal data-data yang menjadi tanggungjawab masing-masing agar pelaporan disampaikan secara rutin ke tingkat kecamatan.

Hadir dalam agenda rapat dinas di Kecamatan Cibadak dihadiri oleh seluruh kepala desa se-kecamatan Cibadak dan Muspika setempat. (Syarif).