Peduli Kebersihan Lingkungan, Masyarakat Desa Sukarendah Launching “Gerakan Nol Limbah”

Caption: Sekmat Warunggunung Kusnadi ketika memberikan sambutan pada acara Launching  Gerakan Nol Limbah Masyarakat Desa Sukarendah 

JUARAMEDIA,LEBAK- Peduli kebersihan lingkungan,masyarakat Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, menggelar menggelar launching Bank Sampah Digital dengan gerakan nol limbah di lingkungan masyarakat, Minggu (4/12/2022).

Menurut Mulyadi Amin sekaligus sebagai inisiator Bank Sampah Digital , Gerakan Nol Limbah ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran sampah yang berpotensi merugikan kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Apalagi sambung Mulyadi , persoalan sampah ini menjadi masalah di masyarakat Sukarendah. Karena itu, pihaknya bersama sejumlah tokoh dan Karang Taruna berinisiatif untuk membentuk Bank Sampah melalui ” Gerakan Nol Limbah ”

Caption: Poto Bersama Inisiator dan Undangan Lounching Gerakan Nol Limbah 

” Pola pikirnya cukup sederhana, sebab kita tau bahwa dengan penambahan penduduk di Sukarendah akan berdampak terhadap produksi sampah. Karena itu, kami mempunya ide dan gagasan bahwa sampah harus dikelola dengan baik agar tidak menyebabkan persoalan lingkungan,” Ujar Mulyadi

Selain untuk kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat ,kata Mulyadi
Gerakan Nol Limbah ini juga bisa memiliki nilai ekonomi. Karena itu, dirinya bersama inisiator Bank Sampah Digital lainya dapat mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah agar menjadi rupiah.

“Sampah yang dikumpulkan dari masyarakat akan ditampung dan dikelola secara digital oleh pengelola Bank Sampah secara profesional dan transparan,” katanya.

Kepala Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung, Mochamad Amin mengapresiasi, kegiatan launching Bank Sampah Digital yang diinisiasi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukarendah Mulyadi Amin. Apalagi Sukarendah memiliki persoalan sampah dan telah menjadi perhatian pemerintah daerah.

Karena di Sukarendah ini ada Pasar Sampay yang tiap hari memproduksi puluhan kubik sampah. Tidak hanya itu, sampah di lingkungan masyarakat juga bisa dikelola dengan baik, sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Keberadaan Bank Sampah Digital ini merupakan titik awal dalam Gerakan Nol Limbah dan menciptakan wilayah Sukarendah bebas sampah,” ungkapnya.

Ke depan, Pemerintah Desa Sukarendah secara bertahap akan memberikan dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Semoga ke depan, masyarakat lebih giat lagi dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” katanya.

Hadir dalam kegiatan launching Bank Sampah Digital Sekretaris Kecamatan Warunggunung Engkus Kusnadi, Kepala Puskesmas Warunggunung Subekti, Ketua Jurusan Ekonomi Syariah STAI Wasilatul Falah, dan perwakilan dari Gaido Travel.(ika/ding)