Gandeng Dinkes Lebak, HMI MPO La Tansa Mashiro Bagikan Masker Gratis dan Sosialisasi AKB di Pedesaan 

 

Gandeng Dinkes Lebak, HMI MPO La Tansa Mashiro Bagikan Masker Gratis dan Sosialisasi AKB di Pedesaan 

 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Komisariat La Tansa Mashiro Cabang Lebak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak membagikan seribu masker gratis dan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Wilayah Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (22/9/2020).

Ketua HMI MPO Komisariat La Tansa Mashiro, Muhamad Wahyu mengatakan, selain di Kecamatan Kalanganyar, masker gratis juga dibagikan dibeberapa Kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Maja dan Warunggunung. Adapun tujuan dari kegiatan ini, yakni memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang AKB, melihat angka peningkatan positif Covid-19 yang semakin tinggi.

“Oleh karena itu, HMI Komisariat La Tansa Mashiro mengambil andil untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kegiatan sosialisasi ini adalah bertujuan agar bisa memutus rantai penularan Covid-19 di wilayah pedesaan yang ada di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Dijelaskan Wahyu, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai rapid test dan juga swab test. Dimana kedua test tersebut merupakan upaya tenaga kesehatan guna menscreening orang yang terindikasi terpapar covid-19.

“Kedua test tersebut tidak akan sampai membuat orang berdarah-darah ataupun menularkan penyakit, seperti isu yang berkembang di media sosial. Test tersebut hanya dilakukan dengan cara mengambil sedikit sampel darah, dan juga cairan hidung atau tenggorokan, selanjutnya dibawa ke laboratorium untuk di cek apakah orang yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak kepada seluruh anggota HMI MPO Komisariat La Tansa Mashiro agar senantiasa turut andil dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada di Lebak. Wahyu juga berharap kehadiran HMI MPO Komisariat La Tansa Mashiro tidak hanyak di kota saja namun bisa menyentuh kelingkungan masyarakat pedesaan.

“Saya berharap kader-kader HMI selalu aktif dalam berbagai kegiatan, melalui kegiatan ini semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat melakukan aktivitas, karena menurut data gugus tugas Covid-19 Lebak, virus ini telah mulai merambat dengan cepat diwilayah pedesaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Sekertaris Dinkes Lebak Agus Darsono mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan yang digagas oleh kader HMI-MPO Lebak dengan membagikan masker dan juga sosialisasi AKB, menurutnya, dalam upaya menekan angka penyebaran covid-19 di Lebak perlunya kerjasama seluruh pihak termasuk mahasiswa.

“Mari bersama-sama taati protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran covid-19 di Lebak, ” imbaunya.

Sementara itu Malik Kepala Desa (Kades) Desa Cilangkap mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kader HMI MPO Komisariat La Tansa Mashiro ini. Dirinya berharap, mahasiswa dapat mencurahkan ilmu pengetahuannya yang mereka terima di bangku perkuliahannya dan berkontribusi langsung diruang lingkup masyarakat.

“Semoga dengan bantuan dari kawan-kawan mahasiswa ini masyarakat bisa menyadari akan pentingnya menggunakan masker saat melakukan aktivitas sehari-hari, serta bisa mengurangi angka penularan Covid-19 sehingga dapat mengurangi angka positif Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Lebak.” tuturnya.(bud)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *