Efektifkan Penanganan Bencana, Basarnas Banten Akan Bangun Posko SAR Di Lebak

LEBAK – Basarnas Provinsi Banten menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak. Pertemuan dilakukan untuk meningkatkan sinergi penanganan musibah/bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di kabupaten Lebak.

Dikatakan M. Zaenal Arifin, Kepala Basarnas Banten, dengan adanya koordinasi dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, terkait penanganan musibah/bencana diharapkan kedepan pemerintah dan Basarnas bisa lebih efektif menangani musibah/bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Koordinasi dengan Bupati Lebak ini supaya kedepannya jika ada musibah atau bencana kita bisa lebih efektif menanggulanginya,” ujar Zaenal usai berkoordinasi dengan Bupati Lebak, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, Lebak masuk zona rawan bencana. Dengan adanya koordinasi seperti ini, Basarnas Banten akan membentuk atau membangun Pos SAR di wilayah Kabupaten Lebak agar jika nantinya ada bencana atau musibah Pos SAR lebih cepat menangani kejadiannya.

“Kalau melihat posisi kantor pusat Basarnas di Banten (Kramatwatu,red) kan rada jauh menuju Lebak nya. Jadi dengan adanya Pos SAR di Lebak lebih efektif dan lebih cepat menanganinya,” pungkasnya.

Dilain pihak, Eka Prasetiawan, Kabag Humas Pemkab Lebak mengatakan, rencana pembangunan posko Basarnas di Wilayah Kabupaten Lebak diharapkan dapat membantu pemkab khususnya masyarakat Lebak dalam penanganan bencana.

“Ibu bupati mengapresiasi rencana tersebut dan akan segera mencari lahan yang tepat,” tukasnya.

Untuk lokasinya, kata Eka, kemungkinan di Wilayah selatan, namun Eka sendiri belum dapat memastikan.

“Itu (Lokasi Pembangunan Posko) tergantung kebijakan Bupati,” imbuhnya. (bud/yaris) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *