Irna-Dimyati Sholat Bareng Warga Di Ar-Rahman, Bupati Ajak Umat Untuk Tanamkan Jiwa Berqurban

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengajak masyarakat untuk menanamkan jiwa berqurban, dan juga mengimplementasikannya ke dalam semua hal dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Demikian disampaikan Bupati Irna saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Mesjid Agung Ar Rahman Pandeglang, Minggu (11/08).

Irna mengatakan, bagaimana setiap muslim harus selalu sering membaca kisah Nabi Ibrahim AS, yang dengan penuh ketaqwaan dan keihklasan untuk menjalankan perintah menyembelih putranya sendiri yaitu Nabi Ismail AS.

“Tetapi kemudian Allah menggantikan Nabi Ismail AS dengan seekor kambing yang gemuk untuk disembelih, Allah hanya ingin menguji bagaimana keimanan seorang hambanya”, katanya.

Kisah itu, lanjut Irna, menunjukkan bagaimana seorang muslim harus lebih cinta dan lebih taat kepada Allah SWT dibandingkan dengan apapun juga bahkan jiwa nya sendiri.

“Hal ini menunjukkan bahwa perintah Allah SWT adalah hal mutlak, yang harus diikuti dan di patuhi setiap muslim. Perintah menyembelih hewan qurban dapat diartikan bahwa kita harus menyembelih semua prilaku buruk kita, menyembelih kemalasan dan kekufuran kita”, ujarnya.

Irna juga mengajak kepada seluruh Jamaah Mesjid Agung Ar-Rahman untuk sama-sama mendoakan masyarakat Indonesia Umumnya dan Pandeglang khususnya yang sedang melaksanakan ibadah haji.

“Mari kita doakan seluruh orang tua dan saudara kita yang sedang di Baitullah, agar diberikan kesehatan, kemudahan, dan bisa kembali ke tanah air dengan membawa predikat haji yang mabrur, Amiin”, imbuhnya.

Sementara itu, Khotib Shalat Idul Adha, KH Encep Muhamimin juga berwasiat untuk meneladani sifat Nabi Ismail AS sebagai salah satu hamba Allah SWT sebagai seorang anak yang soleh.

“Lihatlah bagiamana seorang anak (Nabi Ismail) begitu berbakti kepada orang tua dan Allah SWT, sehingga rela ketika dirinya diperintahkan Allah SWT untuk disembelih. Tengoklah anak-anak sekarang, apakah seperti itu, sepertinya ahlak dan moral semakin tidak baik. Untuk itu kami berharap agar pemerintah konsen dalam peningkatkan akhlak dan moral, jangan sampai kelak diakhirat kita dimintai pertanggung jawaban akan anak-anak kita”, tandasnya.

Usai melaksanakan Shalat Idul Adha, Bupati yang didampingi sang suami Rd. Achmad Dimyati, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Pery Hasanudin, dan beberapa kepala OPD melakukan serah terima hewan qurban secara simbolis di halaman mesjid Agung Ar-Rahman, dan dilanjutkan dengan Open House di Pendopo Pandeglang. (dni/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *