GEKRAFS Lebak Siap Bantu Pemerintah Majukan UMKM

Caption : H Sabri ketua GEKRAFS Lebak

 

JUARAMEDIA,LEBAK – Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) bagaimana Gekrafs ini bisa membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, khususnya bagi UMKM dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Lebak, Banten

“Bagai mana Gekrafs ini bisa menjembatani produk-produk UMKM di Kabupaten Lebak bisa go Nasional atau Internasional itu,” Ujar Ketua Gekrafs H Sabri setelah di temui media, ketika melaksanakan  kegiatan buka puasa bersama di Perumahan Koplek Pesona Lebak , Jumat. (28/04/2022)

Ketua Gekrafs H.Sabri menjelaskan bahwa pungsinya Gekrafs ini, bagai mana Gekrafs bisa bersinergi dengan pemerintah daerah.

” Program-program pemerintah daerah yang bisa bekerja sama dengan Gekrafs Insya Allah Gekrafs siap dalam bidang apa pun, bidang seni, musik, aplikasi semua kontes kreatur adalah ekonomi kreatif juga.” Katanya .

Untuk itu kata Sabri ,pihaknya berharap kedepannya Gekrafs bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun Kabupaten Lebak .

” Tentunya kita berharap dengan hadirnya Gekrafs kedepan produk-produk UMKM ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Lebak bisa kita jual di go internasional,”jelasnya

H. Sabrani menambahkan Gekrafs baru berdiri empat bulan, sekarang Gekrafs sudah ada yayasan Cendikia.

” Kemarin sudah diresmikan oleh Bupati Lebak, yang mewakili pak Iyan dan Sekdis Dinas pendidikan. Kantornya ada di Kolelet, Kecamatan Rangkasbitung , salah satu yayasan yang dibina oleh Gekrafs dan bekerjasama dengan Gekrafs untuk membantu anak-anak pendidikan dari usia dini seperti sekolah TK.” Katanya .

Kedepan Gekrafs,kata Sabri juga akan ada Gekrafs Akademi. Gekrafs akademi ini sekarang lagi proses perizinan. Pungsinya akademi Gekrafs ini, adalah akademi yang melatih semua UMKM.

” Dan tugas Gekrafs akademi, berkomunikasi dengan para ekonomi di Kabupaten Lebak ” Katanya .

Gekrafs dibawah kementerian Parawisata dam ekonomi kreatif di bentuk sudah tiga tahun yang lalu tapi di Kabupaten Lebak Gekrafs sendiri baru sekitar empat bulan berdiri, pengurus Gekrafs ada 37 anggota, kalau umkm yang bergabung dengan Gekrafs, hampir seratus anggota umkm, itu sudah binaan Gekrafs mudah-mudahan gekrafs makin maju terus bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun perekonomian kreatif di Kabupaten Lebak,” ungkapnya

Produksi yang di pasaran Gekrafs sendiri seperti produksi bambu kriya yang sangat unik dan menarik salah satunya nanti yang akan di promosikan sama Gekrafs untuk ke luar negeri.

” Mudah-mudahan ini berjalan dengan baik, nanti para UMKM yang memproduksi ini harus siap, kalau ada kebutuhan banyak, Gekrafs harus siap dengan pesanan suplayer, semoga Gekrafs bisa menjual di pasaran internasional ”

“Harapannya, Gekrafs akan selalu menjadi organisasi yang bermanfaat khususnya untuk UMKM Kabupaten Lebak umumnya kita semua yang ada di Kabupaten Lebak.” Imbuhnya .

Sementara itu Yayan Supriyatna Sekjen Gekrafs menjelaskan bahwa Gekrafs adalah selaku motor para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Lebak.

” Insya Allah akan menganggap umkm yang ada di Lebak yang nota bene semua belum tersentuh secara keseluruhan, itu tugas kami sebagai Gekrafs ini yang akan mengangkat mereka supaya lebih optimal ” Katanya.

Pendanaan Gkrab ini kata Yayan dari swadaya anggota Gekrafs. Gekrafs akan bentuk koperasi, karena koperasi ada bentuk simpanan wajib dan simpanan pokok, nanti dana dari koperasi itu kita gulirkan ke masing-masing anggota UMKM agar mereka bisa menambah penghasilan.

” Insya Allah kita kedepan akan berkembang dan kita tidak polusi di UMKM aja, kita dari praktis Akademi, sama media kita harus bersinergi dengan semua pihak yang disingkat ABCGM (Akademis, Bisnis, Comuniti, Govermen atau pemerintah dan media.” Pungkasnya.(ade/budi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed