Antisipasi Longsor Ruas Jalan Provinsi, Dinas PUPR UPTDPJJ PUPR Wilayah Lebak Siagakan Alat Berat dan Dump Truck 

Caption : Alat Berat dan Dump Truck Milik Dinas PUPR Banten UPTDPJJ Lebak 

JUARAMEDIA,LEBAK- Antisipasi longsor sepanjang jalan milik Provinsi Banten, terutama di wilayah Lebak Selatan dan sekitarnya . Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten, melalui Unit Pelaksana Teknisi Daerah Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPTDPJJ) Wilayah Lebak, menyiagakan sejumlah alat berat.

” Kita siagakan 5 alat berat dan 4 dump truck, termasuk personilnya. Alat berat ini kita  siagakan di ruas jalan yang rawan longsor. Diantaranya, di Jalan Cikotok – Batas Jawa Barat, Bayah – Cikotok, dan Picung-Simpang” ujar  Agus Mufariq Kepala  UPTDPJJ PUPR Banten Wilayah Lebak, didampingi Firman Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan di Rangkasbitung, Selasa (5/12/2023).

Menurut Firman, langkah antisipasi menyiagakan sejumlah alat berat dan dump truk tersebut, karena saat ini wilayah Lebak dan sekitarnya, tengah memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi.

” Ya, kita berharap sekalipun memasuki musim hujan tidak terjadi bencana longsor. Namun, tentunya tidak ada salahnya juga , sebagai langkah antisipasi, kita” Sedia Payung Sebelum Hujan ” ya” kata Firman.

Dalam mengantisipasi perubahan cuaca sekarang ini, sambung Firman DPUPR Banten telah menyusun dan menyiapkan berbagai strategi dalam upaya penanganan dampak bencana jalan longsor.

“ Pada prinsifnya kami akan siaga ” kata Firman.

Menurut Firman , Kabupaten Lebak diketahui merupakan daerah yang rawan terjadi longsor.

” Kita sudah melakukan pemetaan dan monitoring terhadap sejumlah titik ruas jalan yang rawan longsor. Seperti ruas jalan  Cipanas-Warung Banten, Bayah-Cikotok dan Cikotok-Batas Jabar serta ruas jalan Picung-Simpang.” tuturnya.

Sebagai bentuk kesiap siagaan dalam mengantisipasi terjadinya longsor di ruas jalan milik Provinsi yang ada di wilayah Lebak ini, sambung Firman, UPTDPJJ wilayah Lebak,  menyiagakan sejumlah alat berat, dump truck dan alat kebencanaan lainya serta personilnya.

” Jika warga mengetahui ada longsor, secepatnya lapor, dan kami juga buka call centre di 08561509655″ pungkas Firman. (budi)