Pemprov Banten Kampanyekan Program B2SA Goes To School

Caption : Aan Muawanah Kadis Ketapang Pemprov Banten ketika mensosialisasikan Program B2SA Goes To School

JUARAMEDIA, LEBAK – Pemerintah Provinsi Banten, melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) setempat, kampanyekan program penganekaragaman konsumsi pangan, sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengkonsumsi aneka ragam pangan bergizi seimbang dan aman.

” Ini merupakan pelaksanaan dari Program Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Goes to School yang dilaksanakan mulai dari tingkat sekolah dasar.” Ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Aan Muawanah seusai membuka acara B2SA Goes to School di SDN Kelapa Dua, Kagungan, Kota Serang, Rabu (09/08/2023).

“Hari ini kita lakukan bagaimana mengedukasi, memotivasi sejak dini tentang makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman yang sasaran pemahamannya bukan ibu-ibu saja tapi pada anak-anak sedini mungkin,” Imbuh Aan

Kegiatan ini, kata Aan merupakan upaya Pemprov Banten dalam rangka pemenuhan kebutuhan nutrisi, dan gizi anak. Sehingga anak-anak bisa beraktivitas dengan sehat, aktif dan produktif.

“Kadang anak-anak itu makan tergantung selera bukan tergantung kecukupan nutrisi bagi kebutuhan tubuhnya. ” Katanya.

Karena itu, kata Aan melalui kegiatan ini, pihaknya melakukan sosialisasi kandungan gizi yang terdapat pada makanan-makanan yang dikonsumsi dari pangan lokal di sekitar masyarakat, dan bagaimana pola makan yang baik bagi anak-anak seusia mereka.

” Tentunya bagaimana dan dimana saja terdapat sumber-sumber protein, vitamin, mineral dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktifitas, berfikir, metabolisme tubuh yang baik,” jelasnya.

Oleh karena itu pula kata Aan pihaknya berharap, dengan edukasi pemenuhan gizi pada anak ini akan menciptakan generasi muda yang siap untuk melaksanakan pembangunan khususnya pembangunan di Provinsi Banten, sebagai insan yang sehat, aktif, produktif berkelanjutan.

“Bagaimanapun mereka adalah sumber daya kita ke depan. Dengan tubuh sehat dan kuat kita bisa mencapai apa yang diharapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDN Kelapa Dua Imas Diningsih mengapresiasi kegiatan tersebut ,sebab hal ini merupakan satu kesempatan bagi siswa siswi dan para tenaga pengajar untuk berkontribusi dalam menciptakan generasi muda yang sehat dan kuat di Provinsi Banten.

“Alhamdulillah rasanya sekolah kami mendapatkan telur kuningnya. Saya senang sekali dengan kegiatan ini, mudah-mudahan kita bisa mencapai tujuan kita,” ungkapnya.

Imas menyampaikan, pihaknya sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan baik para orang tua yang hadir atau siswa siswi itu sendiri. Sehingga ia harap, kegiatan ini tidak berhenti saat ini saja tetapi mampu menjadikan program yang berkelanjutan di SDN Kelapa Dua ini.

“Ya, nanti kita juga melalui upacara hari Senin, dan khutbah Jumat coba kita gali lagi kegiatan ini sehingga kita bersama-sama bisa menciptakan generasi muda yang kuat di Provinsi Banten,” pungkasnya. (ade)