Disperindag dan Diskop, UMKM Harus Sinergi Majukan Wisata Kuliner Pandeglang

 

Pengurus KPMAI Kabupaten Pandeglang di wisata kuliner berkah Pandeglang

 

PANDEGLANG JUARAMEDIA.COM –
Sejak diresmikan tempat Wisata Kuliner Pandeglang Berkah tanggal 17 Agustus 2018 lalu. Kini Wisata Kuliner yang diperuntukan bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) alun-alun yang biasa berjualan di alun-alun Pandeglang itu, sudah ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah karena berbagai inovatif dan promosi yang terus dilakukan oleh Kelompok Pegadang Mikro Anak Indonesia (KPMAI) sebagai wadah paguyuban para pedagang di wisata kuliner Pandeglang tersebut.

“Iyah memang betul lokasi Gedung Juang ini menjadi tempat Wisata Kuliner yang merupakan relokasi PKL Alun-alun Pandeglang sesuai arahan dan intruksi dari Ibu Bupati bunda kami para pedagang di Wisata Kuliner Pandeglang Berkah. Perlu diketahui, alhamdulillah berbagai upaya dan kreativitas atau inovasi kami agar Wisata Kuluner ini aman dan nyaman bagi para pengunjung. Salah satunya kami gandeng pihak Mayora sehingga bisa seperti ini.” tutur Norman selaku Pembina KPMAI Pandeglang, yang didampingi pengurus lainnya, kepada media, Sabtu (12/09/20) malam.

Dikatakan Norman, berdirinya Wisata Kuliner Pandeglang Berkah merupakan program Bupati Irna Narulita untuk mengembangkan tempat-tempat wisata kuliner yang dapat meningkatkant ekonomi masyarakat khususnya para PKL di wilayah Pandeglang.

“Wisata kuliner Pandeglang Berkah yang dibangun oleh CSR Bank bjb Pandeglang ini adalah sebagai Poilot Project dimana akan banyak lagi lokasi Wisata Kuliner yang dapat memberikan Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan ekonomit masyarakat. Insyallah kami yakin KPMAI punya mimpi seperti itu, tentunya butuh dukungan ibu bupati terutama inovasinya dari para OPD terkait.” katanya lagi.

Namun hingga saat ini, Norman mengaku belum bisa memberikan kontribusi pada Pemkab Pandeglang dan pihaknya atau KPMAI menegaskan bukan pengelola, tetapi sebagai paguyuban pedagang atau pelaku usaha di Wisata Kuliner Pandeglang Berkah tersebut.

“Kami berterima kasih pada Ibu Bupati telah menyediakan tempat ini, yang telah mengangkat drajat PKL menjadi Pedagang Mikro yang masih membutuhkan pembinaan dari para OPD terkait.” ujarnya, seraya menambahkan dirinya enggan menanggapi soal PKL Alun-alun yang saat ini masih ramai berjualan kembali.”Kita konsen bagaimana Wisata Kuliner ini maju, soal alun-alun itu kewenangan Dinas LH dan Satpol PP.” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris KPMAI Pandeglang, Robi bahwa sudah saatnya para OPD bersinergi untuk sama-sama memajukan wisata-wisata kuliner guna meningkatkan PAD dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami dari KPMAI Pandeglang siap untuk sama-sama membangun kemajuan Pandeglang terutama meningkatkan ekonomi para pedagang. Alhamdulillah pedagang pasar Labuan yang nasibnya sama direlokasi dan wisata Kuliner Batako Labuan siap gabung bersama KPMAI.” ungkap Robi singkat.(dni)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed