Mubajir, Bekas Gedung Puskesmas Citorek Kumuh Tak Terpelihara.

Foto : Bekas Gedung Puskesmas Citorek

LEBAK – Bekas gedung Puskesmas Citorek Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Banten, dinilai mubajir kumuh dan tidak terpelihara.

Menurut salah seorang warga desa Citorek Timur yang enggan namanya disebutkan, mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin atas dibiarkannya bekas gedung Puskesmas tersebut yang sama sekali tidak dirawat dan kumuh, sehingga keberadaanya membuat tidak nyaman karena lokasi bangunannya berada ditengah-tengah lingkungan masyarakat.

“Gedung itu bikin kumuh lingkungan karena tidak terawat,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa gedung Puskesmas tersebut belum lama direhab yang dananya diduga mencapai milyaran rupiah namun tidak lama kemudian pihak pemerintah membangun kembali Puskesmas yang lebih besar dengan anggaran yang lebih besar juga.

“Oleh karena itu, agar gedung bekas atau eks Puskesmas tersebut tidak menjadi sarang hantu dan merusak pemandangan, maka sepantasnya dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat desa atau digunakan untuk Kantor Desa dan tempat Bidan Desa,” pintanya.

Karena, jelas dia, apabila ada hal yang sifatnya emergency terjadi pada masyarakat selalu terkendala karena jarak untuk menuju ke Puskesmas yang baru cukup jauh.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Desa Citorek Timur, Jajang saat dikonfirmasi mengakui bahwa gedung eks Puskesmas yang berada di desanya tersebut terbengkalai tidak terawat sehingga terkesan kumuh.

“Sayang sekali gedung mewah tersebut tidak terawat dibiarkan kumuh begitu saja,” tukasnya.

Menurutnya, hal itu sangat layak dan pantas bila gedung tersebut bisa terawat dan terpelihara, bermanfaat bagi masyarakat, dengan diberikan kewenanganya kepada Pemerintah Desa Citorek Timur sebagai sentra pelayanan masyarakat di desanya. (bud/yaris).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 20 =