Didatangi Pesilat Dunia, Bupati Lebak Pasang Kuda-Kuda.

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menghadiri pengukuhan dan penetapan Galih Panglipur Banten dengan Nyimas Kania sebagai Ketua Harian oleh Padepokan Kasundan yang digawangi Cecep Arif Rahman, di Pendopo Setda, Lebak, Jum’at (3/5/2019).

Selain para pesilat dari dalam negeri, pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh para pesilat dari berbagai negara eropa dan asia seperti Malasyia, Singapura, Prancis, Belanda, India, Amerika dan Suriname.

Bupati Lebak dalam sambutannya mengucapkan terimakasih serta bangga atas lawatan keluarga besar pesilat dunia yang telah mengunjungi Kabupaten Lebak sekaligus mengukuhkan Galih Panglipur Banten.

“Moment ini sebagai motivasi bagi kita semua khususnya para pesilat di kabupaten Lebak untuk lebih berkarya serta berprestasi untuk membawa dan mengharumkan nama daerah dan bangsa, baik ditingkat nasional maupun mancanegara. Dalam budaya hari ini, kita dipersatukan dari perbedaan agama, suku dan negara,” kata Iti.

Dituturkan Iti, bahwa pemerintah daerah konsisten dalam membangun peradaban yang berakter salah satunya melalui budaya pencak silat.

“Kami yakin kalau kita konsisten akan lahir iko uwais yang lain di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Sementara itu, Pakar Silat Indonesia Cecep Arif Rahman dari Padepokan Kasundan dalam sambutannya menceritakan, bahwa padepokan kasundan berawal panglipur galih, dimana lahir pada tahun 1909. Dan menurutnya padepokan kasundan merupakan wadah berkumpulnya semua aliran dan perguruan pencak silat dan terbuka untuk semua kalangan.

“Padepokan kasundan senantiasa berupaya untuk melestarikan semua aliran yang ada di nusantara yang mana akan menjadi budaya atau aset kita yang bisa dipelajari dan diamalkan oleh kita semua,” imbuhnya. (bud/yaris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *