Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat, Pemdes Kalanganyar Bangun Drainase. Begini Kata Warganya

Caption :  Kades Kalanganyar Beni Sutisna ketika meninjau pelaksanaan pembangunan Drainase di Kp Cirende Babakan 

JUARAMEDIA,LEBAK – Untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih hindari kekumuhan, melalui pembangunan sarana prasarana APBDes Dana Desa (DD) tahun 2023, Desa Kalanganyar Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak,bangun drainase dengan angaran sebesar Rp. 123,867,000.

Kepala Desa Kalanganyar Sutisna Beni mengatakan,hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh prangkat desa dan masyarakat menyepakati pengalokasian Dana Desa (DD) untuk pembangunan fisik drainase di Kampung Cirende Babakan RT 04/04.

Caption : Pekerja tengah melaksanakan pekerjaan drainase 

” Kita fokuskan kepada pembangunan drainase. Tujuanya agar limbah kotoran rumah tangga langsung dialirkan ke drainase tidak mengendap d belakang rumah” Ujar Kades Kalanganyar di kantornya, Kamis (25/5/2023).

Selain untuk memperlancar buangan air limbah rumah tangga, kata Beni fungsi drainase agar tumpahan air hujan, tidak banjir kejalan.

” Tentunya, kalau hujan kita harapkan tidak genangan air hujan tidak banjir ke jalan” Imbuhnya.

Caption : Papan Proyek 

Proses pekerjaan pembangunan drainase tersebut, sambung Beni masih tahap pengerjaan yang melibatkan masyarakat setempat.

” Kita targetkan 30 hari selesai ” Kata Beni.

Sementara itu, Dudi TPK Karanganyar yang juga Kaur Umum Desa tersebut mengungkapkan, dana desa tahun anggaran 2023 ini, dialokasikan untuk pembangunan drainase di sekitar lingkungan padat penduduk dan menciptakan kebersihan menghindari kekumuhan di lingkungan masyarakat.

” Anggaranya, sebesar Rp. 123,867,000, dengan panjang 400 M × 40 × 50 m. Pekerja dari warga setempat mereka di bayar tukang 100 ribu dan KENEK Rp 80. 000,,” Katanya.

Lanjut Dudi, pihaknya ngin memaksimalkan supaya tujuan yang dibangun ini bisa tercapai. Sebetulnya, pembangunan drainase ini lanjutan dari tahun 2022.

” Bahkan , pemakaian materialnya dengan tahun yang lalu,ini lebih kuat dan lebih kokoh, maka ukurannya di maksimalkan dan itu sesuai dengan keinginan masyarakat” Katanya.

Karena itu, kata Dudi pihaknya berharap nantinya masyarakat Cirende Babakan ini bisa merawat hasil pembangunan tersebut.

” Agar manfaatnya bisa bertahan lama” Katanya.

Caption : Kades Kalanganyar Beni  di Kantor Desa

Oman warga Cirende Babakan,mengapresiasi adanya pembangunan drainase tersebut. Selain untuk kelancaran pembuahan air limbah rumah tangga, juga untuk kebersihan lingkungan. (adv)