Toleransi Beragama di Lebak Tinggi, Bupati Tak Mungkin Larang Umat Kristiani Beribadah 

Caption : Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya Fraksi PDI Perjuangan 

JUARAMEDIA.COM.LEBAK – Kabupaten Lebak merupakan wilayah yang memiliki toleransi beragama yang begitu tinggi. Terlebih, kebijakan dari pemerintahan setempat, tidak pernah melarang masyarakatnya untuk beribadah dan merayakan hari besar agamanya. Hal ini ditandai, dengan tersedianya semua rumah ibadah berbagai agama. Terkecuali, Pura dan Kelenteng, bahkan terdapat wisata Gua Maria Bukit Kanada yang dijadikan tujuan wisata Umat Kristiani.

“Bahwa apa yang menjadi kisruh di media sosial terkait pelarangan Ibadah Natal oleh Bupati Lebak di Kecamatan Maja. Itu, tidak benar,” kata Anggota DPR RI Komisi VIII Dapil Banten I, yakni Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya melalui siaran persnya yang diterima. Minggu (18/12/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa pihaknya akan ikut memastikan jika semua pemeluk agama yang dilindungi konstitusi, khusus di dapilnya, yakni Kabupaten Lebak dan Pandeglang, memiliki kebebasan dalam memeluk agamanya dan beribadah menurut agama berikut kepercayaannya masing-masing. Karena ini adalah perintah UUD 1945 Pasal 29 ayat 2. Dan Indonesia sebagai negara berpeduduk yang mayoritas muslim, bahkan dijelaskan didalam Al-Quran juga tertulis firman ALLAH SWT dalam surat Albaqarah : 256 La ikraaha fiddin” artinya tidak ada paksaan dalam agama” maka dari itu kaum/agama mayoritas harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip toleransi khususnya dalam beragama.

“Supaya saudara-saudara kita umat Kristiani bisa dengan aman dan nyaman beribadah diarahkan ke Kecamatan kota Rangkasbitung di Gereja-gereja yang telah disediakan.Karena, kalau di Eco Park izinnya adalah Ruko dan Permukiman. Sehingga, tidak bisa diawasi oleh pihak berwenang untuk pengamanan. Kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak kita diharapkan,” ungkapnya.

Pria yang kerap menggaungkan slogan “Mari Bersinergi Dalam Kebaikan” ini menambahkan, bahwa Bangsa Indonesia ini bangsa yang besar dan Bangsa yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip toleransi. (bin).