Hasbi Salurkan Bantuan ATENSI Dari Kemensos RI Untuk Penyandang Disabilitas di Dapil Banten I Pada Momentum Perayaan Hari Ibu

Caption : Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya tengah menyerahkan Bansos dari Kementerian Sosial RI kepada salah seorang penerima manfaat.

JUARAMEDIA.COM.LEBAK – Warga penyandang disabilitas di Daerah Pemilihan atau Dapil Banten I, yakni Kabupaten Lebak dan Pandeglang, menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI pada program ATENSI, melalui Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya di momentum perayaan Hari Ibu.

Penyerahan bansos, seperti 6 unit motor roda tiga bagi Kelompok Pedagang Keliling (KPK) 21 unit kursi roda bagi kaum disabilitas dan sejumlah bansos lainnya itu, secara simbolis berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cibadak, Kamis 22 Desember 2022.

Hadir dalam acara tersebut, pimpinan Balai Galih Pakuan, Siti Sari Rumayanti, Kepala Dinas sosial (Dinsos) Lebak, Eka Darmana Putra, Camat Cibadak, Agus Sudrajat, Ketua Komisi 1 DPRD Lebak, Enden Mahyudin, Pimpinan Fraksi DPRD Lebak PDI Perjuangan, Emul Mulyanah Jayabaya, Kapolsek Cibadak, Danramil Cibadak serta para Kepala Desa se-Kecamatan Cibadak.

Anggota DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengatakan, bahwa sesuai dengan amanat Undang-undang, kaum disabilitas harus dipelihara oleh Negara. Oleh karena itu, melalui bansos atensi ini Negara hadir untuk membantu para kaum disabilitas.

“Para kaum disabilitas yang tergabung dalam kelompok pedagang keliling (KPK) ini memiliki kemauan yang besar untuk berusaha. Jadi kami berikan bantuan berupa kendaraan roda tiga ini untuk berjualan,” kata Hasbi Asyidiki Jayabaya.

Pria yang kerap menggaungkan slogan “Mari Bersinergi Dalam Kebaikan” ini, menegaskan bahwa bantuan yang diterima oleh penerima manfaat, bisa dipastikan tidak akan ada pungutan.

“Jangan sampai saya mendengar adanya pungutan biaya terhadap penerima bantuan. Siapapun yang meminta. Silahkan adukan ke Rumah Aspirasi MH JB,” tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan jika pihaknya sebelum mengadakan asesment tentang bantuan yang akan diberikan terhadap penerima. Tentunya bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para penerima manfaat atau KPM.

“Saya akan terus mendorong agar kaum disabilitas mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah,” ujarnya.

Kepala Dinsos Lebak, Eka Darmana Putra menyambut baik upaya yang dilakukan Anggota Komisi VIII DPR RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, yang konsen membantu masyarakat melalui bansos tersebut ke Kabupaten Lebak.

“Kegigihan Pak Hasbi patut diapresiasi. Beliau sangat konsisten membantu masyarakat,” kata Eka.

Berikut sejumlah bantuan yang disalurkan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang dalam penyaluran Bansos ATENSI bagi penerima manfaat, seperti 6 unit kendaraan roda 3, kursi roda standar 19 unit dan 2 unit kursi roda cerebral palsy serta 4 set alat bantu dengar dan 34 unit tongkat adaftif kemudian 100 paket nutrisi lansia.

Kemudian, untuk bantuan lainnya, seperti bantuan RKB diserahkan kepada 2 lembaga, yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Husen Cisangu, Kecamatan Cibadak dan MI Husnul Hotimah Desa Asem, Kecamatan Cibadak masing-masing menerima bantuan senilai Rp 130 juta.

Sedangkan untuk bantuan operasional diserahkan pada Majelis Taklim Dikir Tajul Arifin Desa Asem Margaluyu, Kecamatan Cibadak senilai Rp 25 juta.

Bantuan rumah sejahtera terpadu diserahkan pada 3 kelompok, antara lain Desa Cimenteng Jaya, Bojongleles dan Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak.
Selain itu diserahkan pula bantuan pahlawan ekonomi nusantara kepada 19 KPM, beasiswa Baznas sebanyak 5 KPM, bantuan kita jaga usaha (KJU) kepada 11 KPM. (bin).