Pemdes Mekar Agung  Optimis Budidaya Ternak Kambing Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

Caption : Program Ketapang Desa Mekar Agung 

JUARAMEDIA.COM. LEBAK – Pemerintah Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak, meyakini bahwa budidaya ternak kambing, dapat mendongkrak perekonomian warga pasca pandemi covid19. Sebab, ternak kambing dinilai mampu menunjang dan meningkatkan ekonomi masyarakat  para petani.

“Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama pemerintah saat ini. Apalagi, Indonesia baru saja dilanda pandemi covid19,” kata Kepala Desa mekar agung madyasin  saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (8/12/2022).

Menurut madyasin, pemerintah sudah melakukan manuver dengan berbagai cara untuk membangkitkan perekonomian masyarakat, baik di tingkat pusat maupun desa.

“Pemdes mekar agung lambat laun perekonomian masyarakatnya mulai bangkit. Terlebih, inisiasi budidaya ternak kambing yang dikelola oleh enam kelompok tani melalui program ketapang ini, tengah berjalan,” ujarnya.

Caption: Kades Mekar Agung Madyasin

Dijelaskannya, setiap satu kelompok mengelola 8 ekor kambing. Kemudian, desa binaannya ini, tengah fokus membudidayakan ternak kambing melalui kelompok ternak  yang ada di desanya.Hal ini, tentu sudah sesuai dengan tujuan program pemerintah pusat.

“Kami berharap perekonomian masyarakat di Desa Mekar Agung  meningkat. Kemudian, para kelompok tani bisa sejahtera lewat progaram ketahan pangan (katapang),” ungkapnya.

Mengenai pemasarannya tambah madyasin, untuk marketnya tidak begitu sulit. Sebab, semua orang bisa dengan mudah untuk mempromosikan penjualan kambing. Terlebih , pada saat memasuki musim kurban. Sebab, orang banyak yang mencarinya. Mengingat, daging kambing banyak diminati oleh semua kalangan. Bahkan, proses budidayanya mudah dan praktis.

“Mengenai harga dan spesifikasinya. Kami akan sesuaikan dengan permintaan konsumen. Sekarangpun alhamdulilah peternak kambing di 6 kelompok sudah mulai bertambah dari 8 ekor dan per kelompok sudah mulai bertambah menjadi 13 ekor.

Ia berharap, semoga dengan adanya program ketapang ini perekonomian masyarakat bisa bangkit melalui budidaya kelompok petani ternak kambing.

“Jadi ketika petani ternak sudah menghasilkan induknya bisa di gulirkan kepada kelompok yang lainnya agar semua warga masyarakat Desa Mekar Agung mudah-mudahan dengan berjalannya program katapang hasilnya bisa merasakannya dengan cara merata,” pungkasnya. (ojos).