Hasbi Motivasi Anak Pasca Bencana Pergerakan Tanah di Lebak

Caption: Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya tengah mendengarkan jawaban dari salah seorang anak warga yang terdampak pergerakan tanah di Kampung Cihuni Desa Curugpanjang Kecamatan Cikulur.

JUARAMEDIA.COM.LEBAK – Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, memberikan motivasi terhadap puluhan anak-anak di Kampung Cihuni Desa Curugpanjang Kecamatan Cikulur. Motivasi yang disampaikannya ini, yakni mereka, baik berstatus pelajar atau belum. Diminta, untuk tetap semangat dalam mempersiapkan cita-cita di masa depannya. Meski, terdapat beberapa sarana belajar dan kediamannya, terdampak pergerakan tanah beberapa bulan lalu.

“Adik-adik, baik yang sudah berstatus pelajar atau belum, seperti di SDN 1 dan 2 maupun siswa dan siswi MTS berikut MA Ar-Ribatiyah di Desa Curugpanjang Kecamatan Cikulur, harus tetap semangat dalam mempersiapkan cita-citanya di masa yang akan datang. Meskipun, sarana belajar dan kediamannya terdampak bencana pergerakan tanah beberapa bulan lalu,” kata Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya di tengah sambutannya dalam giat Sosialisasi Perlindungan Anak Kondisi Anak Khusus Anak Korban Bencana di halaman Kantor Desa Curugpanjang. Sabtu (19/11/2022).

Dijelaskannya, bencana alam, seperti pergerakan tanah di Kampung Cihuni yang menyebabkan, setidaknya 56 kepala keluarga, menetap di hunian sementara atau huntara. Dimohon untuk bersabar. Sebab, Pemerintah Kabupaten Lebak, saat ini tengah berjuang dan merelokasikan bangunan yang terdampak.

“Provinsi Banten, khususnya Kabupaten Lebak dinilai, masuk zona merah atau memiliki wilayah yang rawan bencana. Sebab, setiap tahunnya, Lebak kerap terjadi bencana, seperti angin puting beliung, gempa, banjir dan pergerakan tanah. Oleh karena itu, sebelum terjadi bencana yang lainnya. Lebih baik, kita mempersiapkannya dengan cara menjaga alam serta merawatnya untuk meminimalisir dampaknya,” ungkapnya.

Pria yang kerap menggaungkan slogan “Mari Bersinergi Dalam Kebaikan atau Berbagilah untuk saling tolong menolong” ini menambahkan bahwa pihaknya mengajak untuk membiasakan membaca mulai dari hal terkecil. Misalnya, baca keadaan lingkungan, saudara seiman atau saudara se- tanah air.

“Bukan hanya sekedar membaca. Tapi, jadilah manusia yang bisa bermanfaat untuk sesama dan kembangkanlah budaya silaturahmi, mulai dari lingkungan. Contohnya, jika terdapat salah satu tetangga yang mengalami sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit. Bantuan sesuai kemampuan, misalnya tidak memiliki materi, bisa dengan menyampaikan informasi kepada desa dan warga yang mampu untuk mendapatkan solusi,” ujarnya.

Ia berharap, semoga anak-anak yang terdampak bencana pergerakan tanah ini, mendapatkan semangat untuk menuntut ilmu pendidikan, memiliki mental yang kuat. Kemudian, setelah sukses, jabatannya bisa bermanfaat untuk orang banyak, mulai dari keluarga, lingkungan hingga negara.

“Saya yakin, 10 atau 20 tahun kedepan, cita-cita mereka akan terwujud jika sudah dipersiapkannya di usia dini. Tak lupa juga, terimakasih kepada Kemen PPPA dan Ibu Menteri yang sudah peduli terhadap anak-anak yang terdampak bencana di Kampung Cihuni Desa Curug Panjang Kecamatan Cikulur Lebak Banten,” ujarnya.

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak pada Kementrian PPPA RI Dianawatu Lasmindar mengaku sangat mengapresiasi kegigihan Anggota DPR RI Komisi VIII, yakni Pak Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya dalam memberikan motivasi terhadap anak-anak dan para pelajar yang terdampak bencana pergerakan tanah.

“Benar jika Kabupaten Lebak merupakan wilayah yang masuk raport merah. Dalam artian, bukan ke arah negatif. Namun, Lebak daerah yang sering terjadi bencana,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga motivasi Pak Hasbi untuk anak-anak yang terdampak bencana ini, akan tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Di tempat yang sama. Kepala DP2KBP3A Kabupaten Lebak, Dedi Lukman Indepur mengapresiasi motivasi Anggota DPR RI Komisi VIII Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, dalam menghibur serta memberikan spirit kepada anak-anak yang terdampak bencana.

“Terimakasih untuk seluruh tamu undangan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, saat memberikan semangat atau motivasi terhadap, 56 Kepala Keluarga dan puluhan anak-anak serta pelajar yang terdampak bencana pergerakan tanah,” pungkasnya.e

Berikut sejumlah rangkaian kegiatan Sosialisasi Perlindungan Anak Kondisi Anak Khusus Korban Bencana, yakni bantuan alat perlengkapan sekolah. Kemudian, hiburan trauma healing yang ditampilkan oleh pesulap untuk menghibur anak-anak serta santunan kepada 100 anak yatim-piatu dan warga tidak mampu. Kemudian, dor prize tabungan untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan. (bin).