Hadir di Acara Seren Taun Kasepuhan Cisitu , Politisi PKS Sebut Unik dan Tidak Kalah dengan Budaya Luar

Caption : Iip Makmur anggota DPRD Banten dari Fraksi PKS bersama Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ketika menghadiri acara seren taun

JUARAMEDIA, LEBAK-Ketua Komisi II DPRD Banten Iip Makmur menghadiri acara seren taun masyarakat Kasepuhan Cisitu,Desa Situmulya,Kecamatan Cibeber ,Kabupaten Lebak ,Banten , Minggu (14/8/2022).

Menurut Iip Makmur yang hadir dengan berpakaian serba hitam dan ikat kepala (udeng) khas ka olotan setempat,bahwa serena tahun ini merupakan tradisi tahunan masyarakat kasepuhan Cisitu .

” Ini adalah merupakan salah satu bagian dari keunikan masyarakat Kabupaten Lebak. Dan tentunya harus terus dipelihara. Budaya-budaya luar biasa ,tapi ini tidak kalah oleh budaya dari luar Banten,” Ujar ketua DPD PKS Kabupaten Lebak ini .

Seren taun yang digelar 8-15 Agustus itu , sambung Iip ,terdapat sebuah ritual sakral yang diselenggarakan pihak kasepuhan sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah.

“Seren taun (Cisitu-red) ini merupakan salah satu tradisi kasepuhan adat Banten kidul yang memaknai syukur atas panen yang diraih masyarakat,”

” Dan mudah-mudahan masyarakat memahami betul makna yang sesungguhnya dari seren tahun,” Imbuh Politisi PKS ini

Hadir dalam acara Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya beserta jajaran dan tokoh atau ketua adat Yoyo Yohendra. Masyarakat juga menyempatkan untuk mendoakan Olot HM Okri ketua adat Kasepuhan Cisitu terdahulu yang telah meninggal dunia.

Untuk diketahui, di waktu yang sama seren tahun juga dilaksanakan oleh empat kasepuhan lainnya yang diketuai Olot Marja, Ibin, Johana dan Kasepuhan Ciater. (arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *