oleh

Ribuan Alumni dan Santri Ponpes Daar El – Qolam dan La Tansa Menggelar Haul Akbar KH Ahmad Rifa’i Arief

Caption : Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ketika menghadiri Haul Akbar Pendiri Ponpes Daar El – Qolam dan La Tansa 

JUARAMEDIA,LEBAK- Ribuan Alumni dan Santri Daar El -Qolam dan Latansa menggelar Haul Akbar KH Ahmad Rifa’i Arief ke 25 dan Silaturahmi Nasional bertempat di gedung Hall Latansa 2 ,Rangkasbitung ,Rabu (15/6/2022).

Haul Akbar ini ,selain dihadiri oleh sekitar 1117 alumni ,juga dihadiri oleh Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lebak serta undangan lainnya .

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu, dipadati alumni Ponpes Daar El-Qolam dan La Tansa. Yang datang dari berbagai penjuru tanah air, bukan hanya dari Banten.

Nampak terlihat pula, keluarga besar (alm) KH. Ahmad Rifa’i Arief, baik dari Ponpes Daar El-Qolam maupun La Tansa.

Acara Haul Akbar diisi dengan tahlil, yang dipimpin oleh KH. Sholeh Rosyad (pimpinan Ponpes Kun Karima). Kemudian Doa oleh KH. Adrian Mafatihullah Karim (pimpinan Ponpes La Tansa Cipanas, Lebak).

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutanya mengatakan , dalam pengabdian dan perjuangannya sebagai hamba Allah SWT ,alm KH Ahmad Rifa’i Arief dengan jiwa besar telah meninggalkan karya besar.

” Dan kita tahu ,bahwa Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung, Tangerang,merupakan gudangnya ilmu, gentongnya mental spiritual, guntingnya kebetulan, tempat bergantungnya hajat masyarakat ”

“Jadilah orang yang berilmu, kalau belum mampu, jadilah penuntut ilmu, atau paling tidak para pendengar dan pencinta jangan menjadi para pembenci hal ini jauh dari keberkahan,” Kata Iti

Sementara,KH. Ahmad Faisal Hadziq Ketua Ponpes La Tansa 2 Rangkasbitung mengatakan, pada tanggal 15 Juni 2022 alumni dan Satri Ponpes Daar El – Qolam dan La Tansa Mashiro bertepatan hari wafat, KH. Ahmad Rifa’i Arief yaitu 15 Juni 1997 menggelar Haul Akbar ke 25 KH Ahmad Arif dan Silatnas alumni kedua Ponpes tersebut.

” Kita para alumni sepakat menggelar Haul Akbar sebagai bentuk ta’dzim penghormatan, ketaatan, atas ilmu yang sudah didapatkan baik di Daar El-Qolam maupun di La Tansa.” Katanya .

Haul ini diselenggarakan oleh alumni diberbagai negara secara live streaming bersama alumni di negara. Yordania, Tunisia, Mesir, Arab Saudi, Turkiey dan Kanada, untuk mendoakan almarhum, KH. Ahmad Rifa’i Arief.

“KH. Ahmad Rifa’i Arief wafat diusia 55 tahun, beliau berhasil mendirikan pesantren Daar El-Qolam dan La Tansa, ia berhasil mendidik santri berkiprah di masyarakat,”katanya.

Berdasarkan data,kata Faisal alumni Daar El-Qolam berhasil mendirikan 290 pondok pesantren dan alumni La Tansa 100 pondok pesantren.

” Karena berdasarkan pesan KH. Ahmad Rifa’i Arief yang digaungkan bagi generasi penerus jadi enterpreneur dileading sektor kehidupan. Bahkan jiwa pancasila, jiwa pondok harus diimplementasikan dalam kehidupan.” Katanya .

Karena itu Faisal mengajak semua santri dan alumni mengingat kembali pesan pendiri Pesantren Daar El-Qolam dan La Tansa. Sebagaimana diketahui, Pesantren Daar El-Qolam didirikan tahun 1968 dan La Tansa tahun 1991 oleh KH Ahmad Rifa’i Arief.
Faisal juga mengatakan , haul akbar dan silaturrahim nasional ini merupakan media yang sangat efektif untuk merajut kerinduan antar alumni Pondok Pesantren Daar El-Qolam dan La Tansa. Alumni kedua pesantren ini telah tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

” Tentunya diharapkan (santri dan alumni serta para kiai) semakin solid ukhuwah kekeluargaan, persaudaraan dan keislamannya, sebagaimana seperti yang diharapkan oleh KH Ahmad Rifa’i Arief,” kata Faisal .(ade/budi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed