Disiplikan Warga Agar Tidak Buang Sampah Sembarangan, Pemdes Cilangkap Operasikan Kembali TPA .

 

Caption : Pengurus TPA Desa Cilangkap bersama warga ,ketika sedang membersihkan TPA yang sebelumnya tidak terawat

JUARAMEDIA, LEBAK -Pemdes Cilangkap , Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak mengatifkan kembali Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di desanya . Pasalnya ,selama ini TPA sampah yang berlokasi di kampung Rancabala itu sejak awal dibangun terbengkalai (tidak terawat ).

” Alhamdulillah sejak Januari 2022 lalu ,TPA kembali kami aktifkan .Karena itu merupakan aset Pemdes disini . Dulu lokasi TPA itu kotor dan tidak terawat ,sekarang Alhamdulillah mulai bersih ” Ujar Wawan Direktur TPA Sampah di dampingi Ketua BPD Desa Cilangkap Amir di Cilangkap , Minggu (22/5/2022).

TPA yang merupakan aset Desa itu ,kata Wawan ,selama dibangun hingga sekarang alat alatnya atau belum pernah beroperasi . Karena itu , sejak Desa Cilangkap ini di pimpin oleh Kades Roni (saat ini ) ,mesin untuk sementara di amankan di kantor Desa .

” Tujuanya agar tidak rusak atau hilang oleh tangan tangan jahil orang yang tak bertanggung jawab ” Imbuhnya .

Bahkan ,kata Wawan listriknyapun sudah normal dan bisa digunakan.

” KWH nya milik TPA sudah terpasang seperti semula , bahkan isu miring tentang keberadaan KWH itu tentunya hanya isu yang digulirkan oleh ulah orang orang yang tidak suka terhadap Kades saja .” Katanya .

Untuk sementara sistem operasinya TPA ini ,kata Wawan , awalnya menggunakan sistem bank sampah.Tapi tidak berjalan dengan baik. Saat ini kata Wawan petugas pengangkut sampah mengambilnya didepan rumah warga .Selanjut sampah sampah itu di angkut ke TPA .

” Di TPA baru kita pisahkan antara sampah organik dan un organik ” Katanya .

” Rencananya memang mesin TPA itu akan kita operasikan ,tapi karena kendala teknis .Untuk sementara belum bisa dilaksanakan ” Imbuh Wawan .

Sementara itu , Roni Kades Cilangkap mengatakan ,pihaknya bersama perangkat desa , termasuk BPD bersinergi bagaimana caranya membangun Desa Cilangkap ini bisa lebih baik lagi sesuai harapan masyarakat . Karena itu , kata Roni pihaknya mengajak kepada semua masyarakat Desa Cilangkap untuk sama sama membangun Desa Cilangkap ini .

” Karena dalam melaksanakan pembangunan ini ,tidak bisa di kerjakan oleh Kades saja ” Katanya .

Terkait dengan TPA ini kata Roni ,pihaknya telah menunjuk warganya sebagai yang bertanggungjawab untuk mengelolanya .

” Direkturnya pak Wawan ” Katanya .

Dengan dioperasikannya TPA ini kata Roni , setidaknya selain mengurangi angka pengangguran ,karena melibatkan warga setempat,juga untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan.

” Dengan di operasikannyaTPA ini untuk sementara jangka pendeknya yaitu untuk mendisiplinkan warga,agar tidak membuang sampah sembarangan ” Katanya . (yaris)

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed