oleh

Gunakan Air Ajaib di SMAN 1 Kalanganyar dan Rasakan Keistimewaannya

Caption : Kepala SMAN 1 Kalanganyar Lebak Banten, Dra Jamilah M. Si tengah menunjukkan produk air ajaib atau eco enzyme karya pelajar dan tenaga pendidik di sekolah setempat.

JUARAMEDIA.COM.LEBAK – Kemelitan atau ingin tau apa saja segudang manfaat, jika air ajaib atau eco enzyme yang sudah tersedia di SMAN 1 Kalanganyar Lebak Banten, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salahsatu manfaat tersebut, yakni air ajaib ini dapat meminimalisir penggunaan bahan kimia untuk membersihkan seluruh ruangan, seperti rumah dan kantor.

“Proses memproduksi air ajaib atau biasa disebut eco enzyme ini, membutuhkan waktu selama tiga bulan,” kata Kepala SMAN 1 Kalanganyar, Jamilah saat ditemui di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Wanita yang memiliki gelar Dra dan M. Si ini menjelaskan bahwa produk eco enzyme, tidak menggunakan campuran bahan kimia sedikitpun. Sebab, air ajaib tersebut diproduksi dari hasil permentasi yang bahan dasarnya diambil dari hasil alam.

“Kami mempermentansikan, setidaknya tiga bahan pokok dari alam nusantara untuk memproduksi eco enzyme. Ketiga bahan tersebut, yakni gula aren, sampah organik dan air mineral,” ungkapnya.

Menurutnya, proses dan tatacara memproduksi eco enzyme ini, tidak begitu sulit. Mengingat, kadar yang diterapkan sangat mudah. Terlebih, bahan dasar yang digunakannya cukup sederhana dan tidak terlalu menguras beberapa lembar uang dari isi dompet.

“Langkah pertama yang harus disiapkan, yakni satu pasang gula aren. Kemudian, tiga kilogram sampah organik, seperti kulit atau buah-buahan dan potongan sisa dari sayur mayur. Sedangkan, yang terakhir siapkan 10 liter air putih (mentah- red). Setelah semuanya tersedia, satukan ketiga bahan tersebut disebuah tempat untuk dipermentasi selama tiga bulan,” terangnya.

Mengenai manfaat, tambah mahasiswi alumni Universitas IKIP atau UPI Bandung ini, tentu terdapat sejutasatu manfaat jika digunakan setiap harinya. Eco enzyme dapat digunakan untuk membersihkan lantai, mencuci piring pakaian dan masih banyak kegunaan lainnya.

“Di SMAN 1 Kalanganyar ini, semua pelajar termasuk tenaga pendidik berikut staffnya, sudah bisa memproduksi eco enzyme tanpa diberikan tutorialnya lagi. Terlebih, air ajaib ini, masuk pada program unggulan sekolah kita,” katanya.

Meski lokasi SMAN 1 Kalanganyar berada di tengah perkampungan, tambah tenaga pendidik jurusan kimia ini, namun untuk kreativitas dan inovasinya tidak bisa dianggap sepele. Sebab, program unggulannya sejalan dengan pemerintah.

“Memproduksi eco enzyme ini salah satu program unggulan yang bertujuan agar kita semua dapat merawat bumi untuk kelestarian alam demi masa depan anak dan cucu kedepannya. Mulailah meninggalkan kebiasaan menggunakan zat yang berbahan kimia. Mari kita gali potensi alam nusantara ini menjadi penopang kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (de/bin).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed