oleh

Dinas Pertanian Lebak Bentuk Enam Kecamatan Menjadi Sentra Buah Manggis

Caption : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Lebak memiliki target di enam kecamatan, yakni Lebak Gedong, Cipanas, Bayah, Cilograng, Banjarsari dan Muncang menjadi kawasan atau sentra buah manggis. Sebab, buah manggis merupakan salah satu buah eksotis yang sedang hangat diperbincangkan. Terlebih, buah manggis Indonesia berhasil mendunia dengan ekspor ke berbagai negara.

Koordinator penyuluh Pertanian Kecamatan Lebak Gedong Lukman Adi Cahyo mengatakan bahwa bagaimana cara agar para petani ini bisa membudidaya tanaman pohon manggis dan bisa lebih baik.

“Selain membudidayakan, petani juga harus bisa memasarkan produk unggulannya dapat menembus ke pasar dunia,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar mengatakan bahwa biofarmaka dan tanaman hias serta varietas Bogor raya dinas pertanian setempat, yang ditanam usianya bervariasi dari satu hingga puluhan tahun.

Kementerian Pertanian bersama dinas pertanian setempat terus membina petani untuk meningkatkan kualitas buah manggis, sehingga memenuhi standar eksport.

“Guna mengembangkan dan meningkatkan gairah petani manggis di Lebak. Pembinaan ini mulai dari budidaya sampai dengan penanganan pasca panen difasilitasi dana APBN. Kita harapkan kualitas manggis kita terus meningkat dan bisa memenuhi permintaan export, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (bin).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed