oleh

Nampak Tilas, Ormas Satgas Banten Kesti TTKDH Ziarah Ke Makam Mbah Khair

Caption : Ormas Satgas Banten Kesti TTKDH 

 

JUARAMEDIA, BOGOR-Ketua Umum DPAC Ormas Satgas Banten Kesti TTKDH  H. Hari Heriayana, melakukan ziarah kemakam Mbah Khair tanah sareal Bogor.

Menurut H Heri Mbah Khair merupakan pendiri sekaligus sesepuh TTKDH Cimande.

” Ziarahnya kami pada hari Minggu (26/12/2021), dan agenda ziarah itu merupakan bapak tilas Ormas Satgas Banten Kesti TTKD ” Ujar H Heri di Bogor, Selasa (28/12/2021)

 

Selain bapak tilas, ziarah berdoa yang dilakukannya tersebut, kata Heri sekaligus mengingat kembali sejarah tokoh besar Cimande TTKDH

” Kita doakan beliau yang terbaik untuk kehidupannya di akhirat ” Imbuhnya.

Semnetara itu Sekjen DPP Satgas Banten Kesti TTKDH Deni Sudaryanto SE. MM, menambahkan , ziarah yang di lakukannya itu dalam rangka menyerap energi dan kearifan Mbah khai.

” Ya, mudah mudahan safaat dari ziarah yang kami lakukan ini bisa terasa dikehidupan Ormas Satgas Banten Kesti TTKDH” katanya.

Sekedar informasi, Mbah khair adalah seorang pendekar pencak silat yang disegani, pada pertengahan abad ke XVIII (kira-kira tahun 1760 M) Mbah Khair pertama kali memperkenalkan kepada murid-muridnya jurus silat.

Pada tahun 1825 M Mbah Khair meninggal dunia sedangkan buah karyanya terus berkembang dan diterima secara luas oleh masyarakat, Jawa barat.

Mbah Khair sendiri memiliki 5 orang anak, dari kelima anak inilah Cimande disebarkan keseluruhan tanah pasundan. Sementara di Bogor yang meneruskan penyebaran Cimande adalah muridnya yang bernama Ace yang meninggal di tari kolom, yang hingga kini keturunannya menjadi sepuluh pencak silat Cimande Tarikolot, Kebun Jeruk Hilir. (budi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed