oleh

Pekon Tanjung Jati Dikenal Sebagai Sentra Penghasil Buah Manggis Dan Durian

Caption : Kebun Durian di Pekon Tanjung Jati, Tanggamus, Lampung 

 

JUARAMEDIA, LAMPUNG-Bagi yang kerap melitas disepanjang jalan, Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon durian dan lapak-lapak pedagang penjual durian hampir disepanjang jalan tersebut.

“Siapa yang tak kenal dengan buah durian, selain kulitnya yang tajam, buah yang satu ini memiliki aroma yang khas. Bulan Desember hingga Maret adalah waktu yang pas untuk berburu buah durian,” Ujar Raden Aries Sutanto setelah ditemui Juara Media.Com dilokasi kebun durian Sabtu (25/12/2021)

 

Raden Aries Sutanto (39)pemilik kebun durian dan manggis menjelaskan, konon kampung ini dikenal sebagai penghasil manggis dan durian terbaik di Lampung banyak pohon durian tumbuh tumbuh tinggi dan subur disini.

Tak hanya manggis dan durian asli Pekon Tanjung Jati, yang ditawarkan disini, para pedagang kerap menjual durian manggis yang didatangkan dari luar daerah yang menjadi incaran bagi penikmat manggis dan durian.

Lanjut Raden Aries keuntungan petani dari hasil penjualan durian mencapai jutaan rupiah dalam setiap pohon sehingga meningkatkan penghasilan mereka, meskipun musim panen tidak sepanjang tahun.

“Jika setiap petani atau pekebun memiliki puluhan batang maka hasilnya, akan mencapai puluhan juta rupiah dalam sekali musim. Harga yang harus di bayar untuk mencicipi satu buah durian dibanderol 30 – 50 ribu rupiah kalau durian tergantung ukuran buahnya,”Katanya.

Kepala Adat atau disebut juga Raja Setia Penggawa Marhakim membenarkan bahwa di PekonTanjung Jati, Kecamatan Kota Agung Timur hasil buminya adalah pertanian dan perkebunan seperti padi dan buah-buahan Manggis Dan Durian.

“Bagi anda pencinta manggis dan durian patut mencobanya, namun jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan saat beburu durian dan manggis.”pungkasnya. (budi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed