oleh

50 UMKM di Lebak Terima Bantuan Modal Bergulir PT Krakatau Steel

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penyerapan lapangan pekerjaan, sebanyak 50 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menerima bantuan permodalan yang digulirkan Krakatau Steel (Persero) Tbk.

“Kami berharap bantuan permodalan itu dapat meningkatkan usaha masyarakat berkembang,” kata Kepala Dinas Community Development Krakatau Steel (Persero) Tbk, Jamal Abdul Nasir, di Lebak, Senin (6/12/2021).

PT Krakatau Steel sebagai perusahaan BUMN tentu memiliki kepedulian untuk membantu permodalan dengan kemitraan pelaku UMKM di Kabupaten Lebak.

Mereka pelaku UMKM itu menerima bantuan permodalan yang digulirkan PT Krakatau Steel mulai Rp3 juta sampai Rp50 juta tanpa bunga, namun dikenakan jasa.

Bahkan, jasa tersebut nantinya untuk kepentingan pelaku UMKM, seperti menyelenggarakan promosi.

Pinjaman permodalan itu dengan kontrak pelunasan selama satu hingga dua tahun sesuai kemampuan mereka.

Pada prinsipnya PT Krakatau Steel ingin membantu pelaku UMKM di Kabupaten Lebak agar berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menyerap tenaga kerja.

“Kami mengapresiasi saat ini pelaku UMKM kembali bangkit usai pandemi, ” ujar Jamal.

Menurut dia, ke 50 pelaku UMKM Kabupaten Lebak itu terdiri dari usaha kerajinan hasil pertanian, peternakan juga perkebunan.

Selain itu juga kuliner, makanan pangan tradisional kain tenun Badui dan batik Lebak.

Pelaku UMKM yang dibantu itu di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak dan PT Krakatau Steel sebelum menerima pinjaman modal, terlebih dahulu memberikan pembinaan, pelatihan manager keuangan, motivasi , spritual, jiwa kewirausahaan hingga promosi usaha.

“Kami mengapresiasi produk pelaku UMKM ditampung pemasaran di Plaza Komoditi Rangkasbitung juga secara dalam jaringan (daring) online yang terkoneksi melalui jejaring media sosial,” imbuhnya.

Ketua Klaster UMKM Kabupaten Lebak Umsaroh mengatakan dirinya bersama binaanya sebanyak 50 anggota pelaku UMKM itu sangat terbantu adanya bantuan permodalan dari PT Krakatau Steel itu.

Penyaluran bantuan permodalan kemitraan digulirkan PT Krakatau Steel sejak tahun 2018 hingga kini masih berjalan, bahkan di antaranya banyak pelaku UMKM yang maju usahanya di tengah pandemi.

“Hampir semua produk UMKM itu ditampung di Plaza Komoditi, Indomaret, Alfamart dan supermarket,” terang Umsaroh.

Amir (50) seorang perajin Badui mengatakan  bahwa banyak pelaku usaha masyarakat Badui yang mendapatkan bantuan permodalan dari PT Krakatau Steel berkembang hingga saat ini masih bertahan.

Penyaluran modal dari perusahaan BUMN untuk kemajuan perajin masyarakat Badui, terlebih saat ini pandemi.

“Kami sudah belasan tahun dibantu permodalan oleh PT KS hingga kini masih bertahan produksi kerajinan, bahkan berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak Abdul Waseh Kabupaten Lebak mengatakan pemerintah daerah sangat terbantu adanya pinjaman modal yang digulirkan PT Krakatau Steel agar pelaku UMKM berkembang.

Kehadiran PT KS tentu kini banyak pelaku usaha di Kabupaten Lebak tumbuh dan berkembang setelah menerima pinjaman modal tersebut.

“Kami mendorong pelaku usaha itu dapat menumbuhkan ekonomi juga kesejahteraan masyarakat,” tukasnya. (Arya)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed