oleh

Pemilihan Ketua RW Terapkan Pola Pemilu

Caption : Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilihan Ketua RW 006.

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Pemilihan calon Ketua Rukun Warga (RW) 006 di Kampung Bojong Kapunah Desa Sukamekarsari Kecamatan Kalanganyar, menerapkan pola pemilihan layaknya, pemilihan umum atau pemilu yang biasa dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dalam pelaksanaannya tidak semua memiliki kemiripan. Sebab, kedua calon ketua RW tidak melakukan kampanye, seperti pada Pemilu Pilkada, Pileg dan Pilpres.

“Proses pemilihan calon Ketua RW 006 ini, sengaja dilaksanakan seperti pola pemilu yang biasa diselenggarakan KPU. Terlebih, adanya permintaan warga,” kata Ketua Panitia penyelenggara, Muhamad Saudi usai melaksanakan hasil perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Minggu (5/12/2021).

Dijelaskannya, kedua kandidat yang ditetapkan sebagai calon Ketua RW, sebelumnya telah diusung oleh para sesepuh atau tokoh masyarakat dan berbagai elemen di lingkungan setempat. Kedua nama calon tersebut yakni, Maryati pada nomor urut 1 sedangkan Suganda tercatat sebagai calon dengan nomor urut 2.

“Proses pencoblosannya tidak keluar dari pola pemilu. Karena, setiap pemilih yang akan memberikan suaranya dipanggil terlebih dahulu dari daftar pemilih. Kemudian, mengambil kertas suara dan masuk ke bilik suara untuk memilih calonnya,” ujarnya.

Jumlah hak pilih di Kampung Bojong Kapunah tambah Saudi, terdapat 405 pemilih. Sedangkan, tingkat partisipasi kehadirannya mencapai 78,1 persen atau 293 warga yang memberikan hak pilihnya.

“Penyelenggaraan pemilihan ketua RW ini dilaksanakan secara swadaya. Kemudian pada pelaksanaannya, berjalan lancar tanpa hambatan,” ungkapnya.

Berikut hasil perolehan suara dari 293 pemilih, terdapat 164 suara untuk nomor urut 1. Kemudian, nomor urut 2 memperoleh 121 suara. Sedangkan suara tidak sah terhitung sedikitnya 8 suara.

“Setelah dilakukan penghitungan secara terbuka. Ketua RW 006, resmi dijabat oleh Maryati dengan nomor urut 1,” ujarnya.

Di tempat yang sama Ahmad salah seorang warga mengatakan jika penyelenggaraan pemilihan Ketua RW 006 berjalan aman, tertib dan lancar.

“Proses pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada hambatan,” singkatnya.

Sementara Ketua RT 001 M Isa mengaku bahwa pelaksanaan pemilihan ini sengaja dilakukan mirip dengan pemilu. Tujuannya, agar masyarakat bisa memberikan hak pilih sesuai keinginannya masing-masing.

“Diterapkannya pemilihan dengan pola seperti pemilu, atas dasar permintaan warga. Sehingga, hasilnya dapat diterima oleh semua calon maupun masyarakat,” ungkapnya.

Ketua RW terpilih, Maryati mengaku siap mengemban amanah yang sudah diberikan oleh warga setempat.

“Terimakasih kepada warga. Karena, sudah memberikan kepercayaan terhadap saya untuk menjadi Ketua RW,” pungkasnya. (bin).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed