oleh

Target Jokowi, Pembangunan Tol Serpan Seksi Kedua dan Tiga Tuntas di Tahun 2023

Caption : Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo usai meresmikan pembangunan Tol Serpan seksi pertama di Pintu Gerbang Tol Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021). (foto istimewa).

LEBAK,JUARAMEDIA.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menargetkan pembangunan Tol Serang Panimbang (Serpan) seksi kedua dan ketiga tuntas di Tahun 2023 kedepan. Hal tersebut diungkapkan Politisi PDI Perjuangan ini, dalam sambutannya di sela-sela peresmian pembangunan Tol Serpan seksi pertama di Pintu Gerbang Tol Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021).

“Pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang pada seksi pertama di ruas Serang – Rangkasbitung dengan panjang 26,5 kilometer, telah selesai dan dapat dioperasikan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Bahkan menurutnya, pembangunan berkelanjutan ini, sudah memasuki pelaksanaan pada seksi kedua. Yakni, di ruas Rangkasbitung – Cileles sepanjang 24 kilometer. Kemudian, di tahap ketiga akan diteruskan pada ruas Cileles-Panimbang dengan jarak tempuh sepanjang 33 kilometer.

“Semoga pembangunan Tol Serpan di seksi dua dan tiga ini akan tuntas pada akhir Tahun 2023 kedepan,” ujarnya.

Dijelaskannya, pembangunan jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dapat menjadi fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain.

“Artinya yang kita kejar adalah daya saingnya. Tidak mungkin sebuah negara bisa melewati negara lain kalau index competitiveness-nya lebih rendah. Jika infrastrukturnya mumpuni, tentu semua barang atau apapun yang ada ini, harga jualnya akan tinggi,” ungkapnya.

Jika sudah tersedianya infrastruktur yang mumpuni tambah Jokowi, tentu barang-barang produksi Indonesia dapat terdistribusi lebih baik dan akan memperbaiki jaringan logistik. Terlebih,
dapat menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi, termasuk di Banten sehingga akan lebih mudah terdistribusi.

“Tol Serang-Panimbang kedepannya akan menghubungkan empat kabupaten/kota di Provinsi Banten, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang,” tegasnya.

Berikut sejumlah pejabat negara yang menghadiri peresmian Tol Serpan di Seksi pertama, yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan pejabat terkait lainnya. (yaris).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed