Rapat Siaga Hadapi Bencana, Polres Lebak Gandeng Instansi-Instansi Guna Antisipasi

LEBAK. JUARAMEDIA.COM – Untuk mengantisipasi La Nina yang terjadi di Indonesia, Polres Lebak, Polda Banten bersama Forkopimda dan Muspika seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak, menggelar rapat kesiapan penanggulangan Bencana alam yang kemungkinan terjadi di Wilayah Kabupaten Lebak. Penyelenggaraan rapat antisipasi bencana ini bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Lebak, Polda Banten. Selasa (9/11/2021).

Rapat ini dihadiri dan melibatkan banyak element, diantaranya, Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra, S.I.K. M.I.K., Asda 1 Kab. Lebak Alkadri, S.IP., Wakapolres Lebak KOMPOL Bambang Supeno, S.I.K., Kejari Lebak Sulvia Triana Hapsari, S.H., M.Hum., Kepala BPBD Kab. Lebak Febby Riski Pratama, Para Camat Se-Kabupaten Lebak, Kasatpol PP Kab. Lebak Dartim, Kabagops Polres Lebak KOMPOL Ucu Syarifuloh, S.H., Para PJU Polres Lebak, juga Kapolsek Jajaran Polres Lebak dan Personil Kodim 0603 Lebak.

La Nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin serta menyebabkan curah hujan yang lebih tinggi di suatu wilayah.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), La Nina merupakan salah satu penyebab peningkatan curah hujan di Indonesia, dan Wilayah Kabupaten Lebak merupakan daerah yang rawan bencana banjir dan tanah longsor.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Teddy Rayendra megatakan “Hari ini kita melaksanakan Rapat Terkait Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Lebak yang rawan terjadi mengingat curah hujan tinggi akibat dari La Nina yang melanda Indonesia sebagaimana prediksi BMKG,” ujar Teddy.

Dengan tegas Teddy memberi peringatan bahwasanya, wilayah Kabupaten Lebak merupakan daerah rawan Bencana alam seperti Banjir dan Tanah longsor. Terutama Wilayah selatan yang rentan diterpa Tsunami. Guna mengantisipasi bencana alam yang sangat mungkin terjadi itu, pihak instansi terkait agar kiranya mempersiapkan diri jika suatu saat nanti tiba-tiba bencana melanda Kabupaten Lebak.

“Dalam rapat ini kita juga melakukan Mapping dan mendata daerah mana saja yang rawan bencana serta mendata tempat untuk evakuasi sehingga apabila terjadi bencana, Polres Lebak bersama semua unsur baik TNI, Polri, BPBD, Relawan dan lain-lain bisa bergerak Cepat dan meminimalisir terjadinya korban,” jelasnya.

Dalam hal ini Teddy Rayendra yang kini tengah diamanahi jabatan sebagai Kapolres Lebak mengatakan, Polres Lebak akan terus berkoordinasi bersama TNI, BPBD dan instansi lainnya, demi persiapan penanggulangan bencana alam ini.

“Polres Lebak bekerjasama dengan instansi terkait juga akan mendata dan menyiapkan peralatan seperti perahu, alat-alat SAR, alat berat yang terdekat dari daerah rawan bencana, sehingga jika dibutuhkan sewaktu-waktu bisa bergerak cepat,” Tegasnya.

Sementara itu di tengah rapat, Asda 1 (satu) Kabupaten Lebak, Alkadri, S.IP mengutarakan wejangan kepada para peserta yang menghadiri rapat, agar tetap solid, saling berkoordinasi dan bersinergi dalam persiapan menghadapi bencana yang besar kemungkinannya terjadi di Kabupaten Lebak.

“Kegiatan penanggulangan bencana alam merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan, Lakukan penanggulangan bencana alam sebaik mungkin untuk meminimalisir adanya korban jiwa,” tutupnya. (Kyd/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *