oleh

Ganjar Tertinggi Hasil Survei dan Berpeluang Jadi Presiden

JUARAMEDIA.COM – Pengamat politik Harits Hijrah Wicaksana menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat rating tertinggi dari hasil lembaga survei dan berpeluang menjadi calon presiden pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

“Sampai saat ini rating Ganjar dari berbagai lembaga survei tertinggi, ” kata Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budi Rangkasbitung Harits di Lebak, Kamis(26/08/2021).

Selama ini, perkembangan politik itu tentu bukan matematika, namun bisa berubah – ubah dengan hitungan sedetik maupun sejam.

Saat ini, hampir semua lembaga survei di antaranya Charta Politika dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Ganjar mendapatkan rating tinggi.

Pengambilan kevalidan pendataan lembaga survei tersebut dengan pola sampling dan tatap muka dengan metodologiĀ random.

Dengan pola itu, kata dia, tingkat kesalahan atau margin of errorĀ paling bantar satu persen bahkan di bawah itu.

“Saya kira data survei itu sudah tergambar jika hari ini pemilihan presiden maka dipastikan Ganjar yang terpilih,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, berdasarkan lembaga survei tahun ini tertinggi didominasi dari unsur sipil, yakni Ganjar juga Anies Baswedan dan Ridwan Kamil yang memiliki rating keenam.

Namun, ketiga gubernur itu sayangnya bukan petinggi partai politik (Parpol) .

Sedangkan yang memiliki petinggi partai politik Prabowo Subianto, namun apakah berkeyakinan mau kembali pemilu 2024 dan jika mencalonkan presiden tentu ada kesempatan berpeluang.

Selain itu juga pemilik partai lainnya, seperti Muhaemin, Puan Maharani dan AHY berdasarkan hasil lembaga survei masih dibawah.

“Saat ini petinggi partai politik yang tertinggi hasil lembaga survei adalah Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan,” katanya.

Ia mengatakan, meskipun
Gubernur Jawa Tengah bukan petinggi partai politik,tetapi bisa saja digandeng oleh Hartarto sebagai Ketua Parpol Golkar dan berkoalisi dengan parpol lain.

Begitu juga Anies Baswedan juga bisa dilirik parpol lain, seperti PKS, Demokrat dan lainnya.

‘Untuk saat ini Ganjar tertinggi dari semua level survei itu, ” kata Dosen Untirta Serang ini. (Arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed