oleh

Akibat Sodetan Perusahan Sebelah, Pinggiran Tanggul Milik H Rudi Longsor

JUARAMEDIA.COM – H Rudi E Suherman SE pemilik galian C di Kampung Rahong, Desa Cimarga, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, menuding penyebab jebolnya tanggul pembuangan limbah miliknya, Minggu (8/8/2021) pekan lalu itu, karena bersumber dari lokasi milik pengusaha lain yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi miliknya.

“Memang betul, kalau lokasi, pembuangan atau penampungan limbah itu, milik saya. Tapi penyebab tergerusnya pinggiran tanggul milik saya, disebabkan oleh adanya sodetan yang dilakukan perusahaan milik orang,” terang H Rudi kepada Juaramedia.com di lokasi galian pasir miliknya, Sabtu (14/8/2021).

Ia mengaku, memang benar lahan tersebut adalah miliknya, tapi tanggul miliknya tidak jebol masih utuh, cuma hanya pinggirannya saja yang longsor, itupun tidak menyebabkan tanggul jebol.

Pemilik Tambang Galian C, H Rudi E Suherman ketika melakukan monitoring sekitar tambang miliknya 

“Buktinya saya kontrol berkeliling tidak ada tanggul saya yang jebol, airnya masih utuh,” ujar mantan Dandim Lebak ini.

Dikatakannya, memang di galian tambang ini bukan hanya dirinya saja yang memiliki tambang galian C, tapi bersebelahan dengan miliknya ada milik orang lain, kebetulan tambang sebelah tidak memiliki pembuangan air, dan dia membuat sodetan samping tanggul tambangnya,

“Akibat sodetan itulah pinggiran tanggul saya sedikit longsor. Karena sodetan jalannya air kurang besar dan tak mampu menampung derasnya curah hujan dari hulu gunung sampai Peundeuy akhirnya perusahan tambang yang bersebelahan dengan tambang saya longsor, longsoran tersebut menutupi saluran aliran air,” pungkas H Rudi yang juga mantan Ketua DPRD Lebak ini. (De)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed