oleh

Ribuan Hewan Qurban di Lebak Layak Konsumsi

Caption : Roni seorang penjual hewan qurban yang tengah menjajakan ternaknya untuk dijual. 

LEBAK,JUARAMEDIA.COM – Terhitung sebanyak 5.176 ekor hewan qurban yang dijajakan penjual di 156 titik, diperiksa tim investigasi pada Dinas Peternakan (Distanak) Kabupaten Lebak. Pemeriksaan yang dilaksanakan jelang satu hari perayaan Hari Idul Adha ini, bertujuan agar kondisi hewan yang sudah dipersiapkan untuk dijadikan qurban layak di konsumsi.

“Hasil pemeriksaan dari 5.175 hewan qurban di 156 titik (lapak), tidak ditemukan kondisi hewan yang sakit parah dan menular. Hanya terdapat 29 ekor ternak yang sakit. Tapi, sakitnya tidak mengkhawatirkan dan menjalar ke hewan lainnya,” kata Kepala Seksi Kesehatatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), pada Distanak Kabupaten Lebak Puthut Setyo Wibowo di ruang kerjanya, Senin (19/7/2021).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil monitoring berikut pemeriksaan yang dilaksanakan tim investigasi di 156 titik penjualan di Kabupaten Lebak, terhitung sebanyak 5.175 hewan qurban, yakni 1.325 ekor sapi, 217 kerbau, 62 kambing dan 3.571 ekor domba.

“Kontrol ini dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan setiap hewan qurban yang dijajakan penjual,” jelasnya.

Kemudian tambah Puthut, dari 29 ekor ternak yang ditemukan sakit, bukan sakit yang berbahaya dan menular. Karena penyakitnya, didominasi terkena gangguan mata yang disebabkan oleh debu ketika pendistribusian. Selain itu, hanya penyakit mulut, seperti sariawan akibat oleh rumput tajam yang dikonsumsi hewan.

“Penyakit ini tidak berbahaya, bisa diobati dengan mudah. Dan penemuan 29 ekor ini adalah jumlah yang sedikit karena mengingat jumlah kesuluruhan hewan qurban yang tercatat terdapat 5.175 ekor,” ujarnya.

Di tempat berbeda, Roni seorang penjual hewan qurban di area jalan Maulana Yusuf, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar mengaku bahwa pemeriksaan hewan qurban kepada setiap penjual ini sangat bagus, dan membuat dirinya merasa diperhatikan.

“Program pemeriksaan dan kontrol ini membuat kami merasa diperhatikan,” pungkas Roni seraya memberikan raut wajah senyumnya. (san/ade).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed