oleh

Balon Kades Muncangkopong Masri Berpihak Pada Pemuda

JUARAMEDIA.COM – Salah satu yang dipastikan akan mengikuti kontestansi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa muncangkopong Kec. Cikulur Kab. Lebak, Masri , menilai, pemuda sebagai generasi masa depan harus diberdayakan melalui Karang Taruna. Ini dikatakan Masri saat berbincang dengan awak media, Sabtu (12/6/2021).

Menurut sosok Masri yang dikenal sebagai pengusaha dermawan ini, Karang Taruna sebagai wadahnya para pemuda untuk bisa mengembangkan diri dengan berbagai kegiatan positif.

Kata Masri, beberapa bulan ke belakang dirinya mengaku intens berinteraksi dengan berbagai elemen pemuda melalui ajaang kegiatan kepemudaan.

“Para pemuda butuh kegiatan yang bisa mengisi waktu luang mereka, maka saya hadir untuk menjadi sahabat mereka, menjadi teman bicara mereka,” kata dia.

Bakal Calon Kades ini juga menilai, pada secara umum pemuda di desa muncangkopong. memiliki pola pemahaman yang maju. Selain itu kekompakannya juga kuat.

Hal lain yang perlu juga diarahkan agar pemuda semakin kuat menjalankan nilai-nilai agama.

” Harus disiapkan program untuk menyalurkan bakat mereka. Pemuda tidak boleh didikte, tapi harus diajak diskusi agar ada ide-ide yang sesuai dengan bakat dan minat pemuda itu sendiri,” Masri .

Pada September 2021 mendatang, ratusan desa di Kabupaten Lebak akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Salah satu desa yang akan menggelar pemilihan kades itu Desa Muncangkopong Kecamatan Cikulur.

Salah satu yang dipastikan akan mengikuti kontestansi Pilkades di desa itu adalah Masri seorang anak muda pengusaha yang sangat dikenal oleh warga desa nya.

Pengusaha muda ini dikenal sebagai pemuda dermawan melalui kiprah dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Masri dikenal sebagai pemuda dermawan yang rutin dan konsisten menyantuni yatim piatu dan warga tak mampu di desanya.

Soal kesiapannya untuk menjadi calon kepala desa, Masri mengaku sudah menyiapkan program-program yang nantinya akan direalisasikan jika terpilih.

Untuk sektor ekonomi, kata Masri sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Muncangkopong perlu mendapat perhatian khusus, karena sangat mampu mendongkrak perekonomian di tingkat desa.

“Banyak pedagang warungan, balukan dan industri kerajinan yang perlu didukung melalui dana desa. Nantinya bisa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau pinjaman modal bergulir. Bisa juga dengan pendampingan agar bisa mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank,” kata Masri.

Dalam pemikiran Masri, sekecil apapun jenis usaha UMKM pasti akan berdampak positif dalam ekonomi di perdesaan. Dia mencontohkan, bila ada UMKM makanan ringan misalnya, maka setidaknya bisa menyerap 2- 10 tenaga kerja, ditambah lagi pemasok bahan baku dan pemasaran.

“Desa bisa membantu pendampingannya, bantu alat produksinya, bantu tingkatkan penjualannya,” kata dia. (Ika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed