Dinilai Dekat Dengan Pemukiman, Warga Tolak Izin Operasional Kandang Ayam Di Margajaya Cimarga

Caption : Sejumlah warga Kampung Ciparay dan Marga Mulya berikut Muspika Kecamatan Cimarga tengah berdiskusi mencari jalan keluar mengenai surat Petisi Penolakan Kandang Ayam di aula kecamatan setempat.

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Warga Kampung Ciparay hingga Margamulya, Desa Margajaya Kecamatan Cimarga menolak keras aktivitas Kandang Ayam pedaging dan petelur. Pasalnya, lokasi kandang ayam yang dinilai berdekatan dengan pemukiman. Bahkan, izin kesepakatan antara warga berikut pengusahanya diduga belum ada Memorandum Of Understanding (MoU).

“Kami menolak adanya aktivitas Kandang ayam di Kampung Ciparay. Bahkan, penolakan ini, bukan semata-mata hanya lisan. Tapi, kita tuangkan melalui tulisan Petisi Penolakan,” kata RA seorang warga Kampung Ciparay di Kecamatan Cimarga, Selasa (8/7/2021).

Dijelaskannya, ada lima poin bentuk penolakan dari warga, yakni  di poin pertama lokasi pembangunan berdekatan dengan pemukiman warga Kampung Margamulya. Keduanya, tidak pernah diadakannya sosialisasi kepada masyarakat Kampung Margamulya terkait rencana pembangunan peternakan ayam pedaging dan ayam petelur yang akan dibangun berdekatan dengan pemukiman Kampung Margamulya.
Kemudian di poin ketiga, tidak pernah menandatangani dan menyetujui draf ijin lingkungan serta poin keempat sadar akan dampak buruk yang berkepanjangan dari limbah yang dihasilkan oleh
peternakan dan akan merugikan masyarakat, terutama dampak buruk terhadap area pertanian dan perkebunan. Serta polusi udara yang akan ditimbulkan dari peternakan tersebut. Kelima, ingin hidup tenang dan tentram tanpa adanya gangguan lalat dan bau dari
peternakan.

“Surat Petisi Penolakan saat ini tengah didiskusikan melalui audensi di Aula Kecamatan Cimarga dengan Kepala Desa Margajaya berikut Muspika Kecamatan Cimarga,” ungkapnya.

Mengenai hasil audensinya kata RA, masih menunggu. Tapi, jika penolakan ini berpihak kepada pengusaha, tentu aksi unjuk rasa akan dilakukan.

“Rencananya, aksi unjuk rasa akan menuntut  ditutupnya aktivitas kandang ayam,” pungkasnya. (bin).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed