oleh

Program P3-TGAI Desa Sudamanik Hampir Rampung 100 Persen

JUARAMEDIA.COM – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 – TGAI) melalui Aspirasi DPR RI di Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Hampir Rampung 100 persen, pengerjaan di lapangan sesuaikan petunjuk teknis atau (RAB).Sumber dana dari APBN tahun 2021 sebesar Rp 195 juta.

Pembangunan P3-TGAI ini para pekerjanya melibatkan masyarakat setempat dengan upah di sesuaikan dengan anggaran RAB,untuk tukang sebesar Rp 100 ribu dan kenek Rp 80 rb.

Kepala Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga Supri mengungkapkan, Pembangunan program P3-TGAI ini bantuan dari Kementrian PUPR melalui satker OP Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung Cidanau Cidurian (BBWSC3).

“Lokasi pembangunan di Kampung Pasir Erih Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga.Dengan panjang PTI 218 meter,lebar 35 sentimeter,tinggi 70 sentimeter dan pondasi 30 sentimeter,”terang Kades Sudamanik.

Dengan adanya program dari kementrian, yang jelas sangat banyak manfaatnya untuk para petani,karena yang awalnya tidak ada saluran air sekarang memiliki saluran air yang bisa di alirkan ke sawah masing masing walaupun belum maksimalnya,karena tidak sesuainya dengan luas pesawahan dan panjangnya saluran air,”ujar Supri pada Juara Media.Com di lokasi kegiatan,Selasa (1/6).

ungkap Supri,dengan adanya program P3-TGAI di desanya akan menguntungkan para petani bisa meningkatkan hasil pertaniannya dan lebih banyak lagi.

“Harapannya pada warga,dengan di bangunnya saluran air ini warga akan bisa menjaga dan merawat agar pembangunan ini akan bisa bertahan lama,”harap Supri.

Sementara warga mengafresiasi dengan adanya program P3-TGAI dan mengucapkan sukur,kedepan berharap akan terus berkesinambungan untuk bisa mengairi pesawahan jika di musim kemarau,”katanya.(Di/De)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed