Program Prioritas Pemkab Lebak Menargetkan Peningkatan SDM

Caption : PJ Sekda Lebak sekaligus Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Kabupaten Lebak, Virgojantie tengah menyampaikan sejumlah program prioritas dalam acara musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Pemerintah Kabupaten Lebak menargetkan sejumlah program prioritas di tahun 2022 kedepan. Salah satunya, akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang adaptif dan inovatif. Hal ini disampaikannya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Acara yang berlangsung di Aula Multatuli juga secara virtual ini dibuka secara langsung Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Senin, 5 April 2021.

Dalam acara, Iti menerangkan ada empat prioritas pembangunan di tahun 2022 seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia yang adaptif dan inovatif, pertumbuhan ekonomi berkualitas, peningkatan kualitas tata kelola pemerintah daerah dan peningkatan pembangunan infrastruktur untuk mendukung daya saing perekonomian dan wilayah pasca bencana secara berkelanjutan.

“Ini sebagai langkah antisipatif agar kinerja pembangunan dapat terus membaik, dengan tetap mempertimbangkan kondisi yang terjadi saat ini,”kata Iti melalui siaran persnya yang diterima Juaramedia.com, Senin (5/4/2021).

Dijelaskannya, pemerintah saat ini terus berupaya mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, memperluas lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Kabupaten Lebak, Virgojanti menerangkan Musrenbang RKPD tahun 2022 ini dimulai dari tingkat desa, kecamatan dan daerah.

Seluruhnya, menurut Virgo, dilaksanakan sebagai bagian dari proses partisipatif untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional juga berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Sinergitas pembangunan mutlak dilakukan agar hasil pembangunan dapat lebih maksimal dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Musrenbang RKPD 2022 ini, terang Virgo mengusung Tema pembangunan.

“Peningkatan Kualitas SDM Dan Pemulihan Ekonomi Daerah”. Tema ini, jelas Virgo

Menjadi semangat daerah untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi dan sosial sebagai dampak pandemi.

“Tema pembangunan tersebut juga merupakan kesinambungan tahapan pembangunan guna mewujudkan Visi RPJMD 2019-2024 yaitu Lebak Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal,” ungkapnya.

Beberapa langkah strategis Tahun 2022 akan dilaksanakan sepertiewujudkan masyarakat yang sehat dan tangguh dengan tetap fokus untuk meningkatkan usia harapan hidup (UHH), menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), angka prevalensi stunting dan gizi kurang.

Selain itu, untuk adaptasi kebiasaan baru, pemerintah daerah Kabupaten Lebak akan terus melakukan digitalisasi pelayanan kesehatan diseluruh fasilitas kesehatan.

Tak hanya itu, di tahun 2022 akan ada peningkatan iklim usaha dan investasi sektor pariwisata seperti penyederhanaan prosedur perizinan, menciptakan lingkungan masyarakat yang kondusif dan menjaga stabilitas sosial dan politik hingga meningkatkan citra pariwisata Ldbak yang berdaya saing melalui penguatan kerjasama pariwisata antar pemerintah dan stakeholder lainnya, menciptakan daya tarik wisata serta promosi pariwisata yang berskala nasional dan internasional (geopark dan ecotourism).

“Mewujudkan Geopark sebagai jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan, serta kawasan ekonomi kreatif maja dan rangkasbitung (be creative district) sebagai ekosistem terpadu yang baru dan kondusif bagi karya kreatif,”pungkasnya. (bin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *