Pemilihan Ketua RT Terapkan Pola Pemilu

Caption : Ketua RT 014 Terpilih, Dede Rohimat

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Pemilihan calon Ketua Rukun Tetangga (RT) 014 RW 04 di Kampung Karees Babakan, Desa Pasir Tangkil Kecamatan Warunggunung, terapkan pemilihan layaknya pemilihan umum atau pemilu yang biasa dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dalam pelaksanaannya tidak semua memiliki kemiripan. Sebab, calon ketua RT sebelumnya, tidak melakukan kampanye, seperti pada Pemilu Pilkada, Pileg dan Pilpres.

“Proses pemilihan calon ketua RT 04 dilakukan mirip dengan pelaksanaan pemilu yang biasa diselenggarakan KPU ini, atas dasar permintaan warga Kampung Karees Babakan,” kata Sekretaris Desa Pasir Tangkil,
Najiullah usai melakukan perhitungan di TPS, Minggu (4/4/2021).

Dijelaskannya, dua kandidat ini yang akan menjadi calon Ketua RT, sebelumnya telah diusung oleh para sesepuh atau tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat dilingkungan setempat. Kedua nama calon tersebut yakni, Dede Rohimat dengan nomor urut 1 sedangkan Entong nomor 2.

“Pemilihannya biasa seperti pemilu. Setiap pemilih yang akan memberikan suaranya dipanggil terlebih dahulu dari daftar pemilih. Kemudian, mengambil kertas suara dan masuk ke bilik suara untuk memilih calonnya,” ujarnya.

Jumlah hak pilih tambah Sekdes, yakni 165 orang. Sedangkan, pada pelaksanaannya yang datang untuk memberikan hak pilihnya terhitung 102.

“Penyelenggaraan pemilihan ketua RT ini dilaksanakan secara swadaya. Hasilnya, berjalan lancar tanpa hambatan,” ungkapnya.

Menurut Najiullah, dari jumlah 102 pemilih tercatat 73 suara untuk nomor urut 1. Kemudian, perolehan suara untuk nomor urut 2 terdapat 28 suara. Sedangkan suara tidak sah terhitung sedikitnya 1 suara.

“Setelah dilakukan penghitungan secara terbuka. Ketua RT 014 resmi dijabat oleh Pak Dede Rohimat dengan nomor urut 1,” ujarnya.

Di tempat yang sama Babinsa Desa Pasir Tangkil, Serda Dadang Sonjaya mengatakan jika penyelenggaraan pemilihan ketua RT 04 berjalan aman, tertib dan lancar.

“Proses pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada hambatan,” singkatnya.

Sementara Ketua RW 04 Desa Pasir Tangkil, Rosad mengaku jika pelaksanaan pemilihan ketua RT 014 dilakukan mirip dengan pemilu. Bertujuan, agar masyarakat bisa memberikan hak pilihnya sesuai keinginannya masing-masing.

“Diterapkannya pemilihan dengan pola seperti pemilu, atas dasar permintaan warga. Sehingga, hasilnya dapat diterima oleh semua calon maupun masyarakat,” ungkapnya.

Ketua RT 014 terpilih, Dede Rohimat mengaku siap mengemban amanah yang sudah diberikan oleh warga setempat.

“Terimakasih kepada warga. Karena, sudah memberikan kepercayaan terhadap saya untuk menjadi Ketua RT 014,” ujarnya.

Menurut Pria yang memiliki gelar Sarjana Teknik Sipil ini, dengan diberikannya kepercayaan untuk menjabat ketua RT 014 ini, tentu dirinya berjanji akan memprioritaskan apa saja yang menjadi kebutuhan warga disini.

“Intinya, saya akan dorong setiap adanya kekurangan di wilayah kami. Salah satunya, mendorong dari segi insfratruktur. Kemudian, akan mengeksplor kreativitas usaha warganya agar bisa bersaing diluar wilayah,” pungkasnya. (ika).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =