oleh

Banyak Perumahan Subsidi Terlantar di Pandeglang

Banyak Perumahan Subsidi Terlantar di Pandeglang

 

JUARAMEDIA.COM PANDEGLANG – Perumahan bersubsidi yang ada di Kabupaten Pandeglang banyak yang terlantar akibat minimnya daya minat/beli masyarakat terhadap perumahan bersubsidi tersebut. Namun, meski terlantar dan minimnya konsumen, anehnya masih banyak pengembang disetiap kecamatan menyediakan lahan dan membangun unit rumah bersubsidi tersebut.

“Benar dari hasil investigasi dan pẩntauan kita di lapangan banyak perumahan bersubsidi terlantar dan diterhenti pembangunannya oleh pihak pengembang. Namun disisi lain, terlihat banyak pengembang dibeberapa daerah di Kabupaten Pandeglang yang sedang melakukan pembebasan lahan dan sedang melakukan pembangunan belasan unit bahkan puluhan unit rumah secara bertahap dibangun sambil menunggu angkat kredit dari pihak bank yang ditunjuk oleh kementerian perumahan rakyat.” ungkap Apandi Jarkasih Nur selaku Ketua Umum Badan Pemantau Pembangunan Provinsi Banten (BP3B) yang dídampingi Koordinator Bidang Pèngawasan, Ẹ.Jauhari kepada media, Minggu (28/03/21).

Menurut Apandi, menjamurnya proverti atau pengembang perumahan bersubsidi dibeberapa kecamatan di Kabupaten Pandeglang tidak lain mudahnya pembuatan izin prinsif sebagai salah satu persyaratan pengajuan dana/anggaran pembebasan lahan untuk perumahan bersubsidi tersebut kepada pihak Bank Tabungan Negara (BTN) yang ditunjuk atau diberikan tanggungjawab oleh pẻmerintah melalui Kementerian Perumahan/Kementerian PUPR untuk mengelola keuangan bersubsidi untuk rakyat yang belum memiliki rumah dan berpengahasilan rendah.

“Sepengetahuan kita sih selain persyarata pengajuan izin untuk menjadi pengembang perumahan bersubsidi dan mendapatkan anggaran dari BTN untuk pembelian lahan sesuai aturan yang berlaku sih, persyaratan lain ầdanya data konsumen. Meskinya pihak BTN pun lebih selektif dalam menentukan pihak proferti/pengembang agar bênar perumahan subsidi itu tepat guna dan tepat sâsaran juga tepat waktu. Tidak seperti saat ini banyak perumahan yang terlantar dengn alasan tidak ada konsumen atau kredit macet.” beber Apandi.

Apandi juga tidak menampik, jika di Kabupaten Pandeglang yang konsen untuk sungguh mengembangkan perumahanan bersubsudi yang mudah dan terjangkau oleh masyarakat yang belum memiliki rumah.”Kita juga memberikan apresiasi pada pengembang yang benar-benar bisa mengembangkan perumahan bersubsidi dan menjamin kemudahan bagi para konsumen sesuai ketentuan yang berlaku.” pungkasnya.(Den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed