oleh

Program TMMD Pemkab Lebak ke 110 Bangun Jalan Penghubung Dua Desa Di Cimarga

Program TMMD Pemkab Lebak ke 110 Bangun Jalan Penghubung Dua Desa Di Cimarga

 

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Kegiatan TMMD Ke – 110 Tahun 2021 Di Kabupaten Lebak. Provinsi Banten. Program TMMD Pemkab Lebak ke 110, TA 2021 di alokasikan untuk pembangunan Jalan Kampung Pasir Ipis, Desa Gunung Anten dengan Kampung Cilukut, Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga sepanjang 6 km.

Menurut Maman SP, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak Program TMMD adalah program untuk meningkatkan kedekatan hubungan TNI dan Rakyat sesuai dengan motto TNI “Bersama Rakyat-TNI Kuat”. Sejarah telah membuktikan bahwa kemanunggalan TNI-Rakyat telah menghasilkan prestasi gemilang baik dalam mempertahankan kedaulatan negara maupun dalam peran serta menjalankan roda pembangunan.

” Program TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat melalui kegiatan bersifat fisik dan non fisik guna meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta akselerasi kegiatan ,” Ujar Maman SP, Selasa (23/3/2021).

Kata Maman SP. pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lainnya yang
terkena akibat bencana.

TMMD juga, kata Maman merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri,kemandirian, Lembaga Pemerintah non Kemandirian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Kegiatan TMMD juga merupakan suatu upaya TNI membantu Pemerintah memberdayakan potensi daerah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan juga ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai hakekat ancaman” Katanya

Program TMMD tahun 2021 yang ke 110 di Kabupaten Lebak ini, sambung Maman melibatkan Satuan KOMANDO RESORT MILITER 064/MAULANA YUSUF (KOMANDO DISTRIK MILITER 0603 LEBAK) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasana, fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat.

 

Sedangkan kegiatan non fisik, kata Maman antara lain penyuluhan tentang kesehatan, kamtibmas, hukum, pertanian, bahaya narkoba, bela negara, wawasan kebangsaan yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

” Kegiatan Fisik Sendiri Terutama meliputi pembangunan Jalan sepanjang 6 km yang menghubungkan Kampung Pasiripis Desa Gn.Anten – Kampung Cilukut Desa Jayasari Kecamatan Cimarga, lebar badan jalan yang akan dibangun yaitu 8.00m sedangkan lebar perkerasan yaitu 3.00 m. Pekerjaan pembangunan jalan tersebut juga meliputi pembangunan sarana pendukung jalannya seperti Gorong-gorong, Box Culvert dan Turap Penahan Tanah ” Katanya

Pembangunan Jalan tersebut, kata Maman merupakan akses masyarakat yang menghubungkan dua jalan kabupaten yaitu Ruas Jalan Leuwijaksi-Gunung Anten dan Ruas Jalan Cileles – Posko.

Pembangunan jalan tersebut dapat memotong jarak tempuh menjadi lebih dekat dan cepat,diperkirakan sekitar 4.30km.

Sehingga masyarakat dapat menghemat waktu tempuh dalam menunjang aktifitasnya. Pembangunan jalan Kp.pasiripis Desa Gunung Anten – Kampung Cilukut Desa Jayasari Kecamatan Cimarga juga merupakan salah satu jalan penunjang akses pariwisata ke Wisata Budaya Baduy.

“Kedepannya Jalan jalan yang telah selesai dilaksanakan melalui program TMMD akan diusulkan statusnya menjadi jalan Kabupaten” Imbuhnya

Pasalnya dari fungsi dan Kondisi Teknis memenuhi kriteria Sebuah Jalan Kabupaten.

“Seperti 2 Ruas jalan sebelumnya yang dibangun oleh kegiatan TMMD sekarang statusnya sudah menjadi Jalan Kabupaten yaitu ruas jalan Sobang – Citorek barat (Sobang – Cibedug) dan Ruas Jalan” Pungkasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed