Bikin Pertanyaan, Sikap Kepala KCD Dindikbud Lebak Dingin Komunikasi Terhadap Jurnalis 

Caption : Ilustrasi (dok net).

LEBAK,JUARAMEDIA.COM – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Lebak, Asep Alibuni menyayangkan sikap Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dindikbud) Provinsi Banten Wilayah Lebak, Sirojudin Al Farisy yang diduga dingin informasi. Sebab, jika dipertanyakan sejumlah kegiatan dinas oleh sejumlah jurnalis melalui komunikasi sambungan seluler maupun pesan singkat whatsappp sulit terhubung.

“Saya menyayangkan sikap dingin Pak Sirojudin yang dinilai minimnya interaksi dengan rekan media, baik cetak maupun elektronik di Lebak,” kata Ketua Iwo Lebak, Asep Alibuni melalui siaran persnya yang diterima di Warunggunung, Senin (8/2/2021).

Dijelaskan Asep, setiap jurnalis yang mempertanyakan beberapa kegiatan melalui sambungan seluler maupun pesan singkat di aplikasi whatsappnya, tidak pernah digubris dan kerap diabaikan. Padahal, tugas seorang wartawan dilindungi UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Seharusnya narasumber sebagai pejabat publik tidak mempersulit kinerja wartawan yang tengah membutuhkan informasi dan hak jawab pembanding untuk kelayakan penayangan sebuah berita,” ujarnya.

Menurutnya, jika sikap Pak Sirojudin terus menutup informasi jurnalis, tentu hal ini justru menjadi pertanyaan besar setiap adanya kegiatan di lingkungan KCD Dikbud Lebak.

“Pejabat publik tidak boleh tertutup kepada masyarakat atas kegiatan yang berkaitan dengan tugasnya. Sebab salah satu tugas wartawan adalah memberikan informasi kepada masyarakat secara obyektif dan seimbang,” ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah awak media meminta konfirmasi terkait pemberitaan rencana lokasi pembangunan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Muncang Kabupaten Lebak, yang diusulkan di kawasan Desa Tanjungwangi dan Pasirnangka Kecamatan Muncang.

Karena dinilai tidak mewakili kebutuhan sarana pendidikan, tambah Asep. Sehingga jika dipaksakan di dua lokasi itu akan menyebabkan bangunan sekolah mubazir. Sebab, tidak ada siswanya.

Di hubungi melalui sambungan seluler, Kepala KCD Dindikbud Lebak, Sirojudin Alfarisy belum terhubung. Meski, sudah diminta tanggapan melalui pesan singkat short message service atau surat masa singkat (sms). (jay/bin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *