oleh

Tingkatkan Skill dan Kualitas SDM Generasi Milenial LPK Lima Putri Gelar Pelatihan

Tingkatkan Skil dan Kualitas SDM Generasi Milenial LPK Lima Putri Gelar Pelatihan

 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Kendati masa pandemi Covid 19 belum usai, tak menyurutkan semangat LKP lima Putri bekerjasama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Kemendikbud memberikan pendidikan keterampilan kepada masyarakat secara gratis dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Lebak.

“Program pendidikan kecakapan kerja bisa mengurangi pengangguran di Lebak Banten, LKP Lima Putri Cibuah Warunggung berikan Pelatihan Pendidikan Kecakapan Kerja Tata Rias gratis bagi generasi Milenial,” kata Anis Mulyanis, Ketua LKP Lima Putri Cibuah, di LPK setempat, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, program Pendidikan Kecakapan Kerja Tata rias pengantin diminati generasi muda milenia, mereka (peserta) tertarik dengan kecakapan atau keahlian tata rias.

“Dengan bermodalkan skil tata rias mereka mudah mendapatkan pekerjaan, baik membuka praktek sendiri maupun bekerja di salon kecantikan,” ujarnya.

Diharapkan, tutur Anis, lulus dari sini mampu mencetak lapangan pekerjaan baru melalui program pendidikan kecakapan wirausaha dengan ketrampilan pelatihan tata rias.

“Semua peserta yang mengikuti pelatihan tata rias pengantin itu sebanyak 10 orang dan mereka ditanggung biaya oleh Kemendikbud,” jelasnya.

Ia menambahkan, metode pembelajaran sekitar 30 persen teori dan 70 persen praktek.

“Pembelajaran lebih banyak metode praktek agar mereka memiliki kecakapan dan ketrampilan (life skill) khususnya tata rias,” terang Anis.

Saat ini, kata dia, tenaga tata rias sangat dibutuhkan para pelaku usaha sehubungan menggeliatnya pereonomian masyarakat. Mereka para peserta itu dipandu oleh instuktur yang memiliki kompetensi dibidang tata rias handal.

“Kami berharap setelah lulus dari sini bisa hidup mandiri dan mampu mengembangkan wirausaha,” pintanya.

Lia, salah seorang peserta asal Kecamatan Warunggunung mengatakan, ia tertarik dengan dunia tata rias,pasca lulus sekolah di SMA sulit mendapatkan pekerjaan karena minimnya pengalaman kerja. Dengan mengikuti pelatihan kerja, Ia akan mendapatkan keahlian atau skil tata rias.

“Keahlian modal utama dari individu, dengan keahlian kita mudah mendapatkan pekerjaa dari perusahaan atau mandiri,” tuturnya. (arya)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed