Jahe Merah Komoditi Yang Memiliki Daya Jual Tinggi

Jahe Merah Komoditi Yang Memiliki Daya Jual Tinggi

 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM –  Jahe merah komoditi yang memiliki daya jual tinggi, diawal pandemi Covid 19, harga jahe merah tembus harga Rp80 ribu perkilo untungkan petani di lebak.

Kosim Penangkar dan Petani Jahe Merah asal Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengatakan bercocok tanam jahe merah sangat menjanjikan mudah diterima pasar lokal maupun domestik.
Secara perekonomian bisa membantu para petani di Lebak.

“Menanam Jahe merah mudah, tidak membutuhkan biaya mahal,bisa ditanam dipolibek,karung, dan tanah luas,” ujarnya, Minggu (1/11/2020).

Menurutnya, berdasarkan survey, tanah di kabupaten Lebak cocok untuk budidaya tanaman jahe merah,jahe merah bisa sebagai tanaman tumpangsari.

“Sejak 6 tahun menggeluti dan mengembangkan tanaman jahe merah di Lebak, baru kali ini dimasa pandemi Covid 19, permintaan jahe merah dan bibit meningkat,” imbuhnya.

Dikatakannya, permintaan bibit jahe merah bulan Oktober mencapai 30 ribu batang. Perbatang 1500. permintaan bibit tersebut dari para petani Lebak dan Pandeglang.

“Minat petani mengembangkan jahe merah di lebak mulai menggeliat seiring harga jahe merah stabil,” terang Kosim.

Untuk menjual hasil panen mudah, kata dia, dibutuhkan oleh perusahaan obat herbal.

Ia berharap pemerintah melalui dinas pertanian dapat memberikan pembinaan dan program pertanian guna menggenjot produksi dan bisa melayani permintaan pasar.(arya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *