Danrem 064/MY Didampingi Dandim 0603 Lebak dan Bupati Iti Melakukan Penanaman Perdana Jagung 

Danrem 064/MY Didampingi Dandim 0603 Lebak dan Bupati Iti Melakukan Penanaman Perdana Jagung 

 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM – Komandan Korem (Danrem) 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, SE.,MBA didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0603/Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi dan Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya melakukan kegiatan penanaman perdana jagung, singkong dan sereh wangi, bertempat di Desa Gununganten Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (13/10/2020).

Hadir dalam kegiatan penanaman perdana jagung ini, H Mulyadi Jayabaya (Tokoh Masyarakat dan mantan bupati Lebak), Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Lebak Bayu Wibianto, Kadistanbun Rahmat Yuniar dan Kadis Ketapang Abdul Rohim serta unsur Forkopimda Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak.

Jagung, Singkong dan Sereh Wangi yang ditanam dilahan seluas 5 hektare tersebut merupakan bentuk keseriusan Korem 064/MY dalam rangka mendukung susksesnya program Ketahanan Pangan Nasional.

Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, SE, MBA mengatakan, kegiatan ini murni bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Covid-19 ini berdampak luas termasuk pada masalah perekonomian masyarakat.

“Salah satu upaya dari ketahanan pangan ini kita didukung dari BI, dinas pertanian dan pengusaha. Masyarakat menyambut baik, jadi kita benar-benar sinergi penanaman perdana jagung, singkong dan sereh wangi ini yang nantinya sampai umur 8 tahun masih bisa kita panen,” ujar Danrem 064/MY Disela sela kegiatan.

Dijelaskannya, sementara ini seluas 5 hektare yang digarap tapi nanti terus akan berkelanjutan menyesuaikan dengan bibit bibit yang disiapkan untuk terus akan dikembangkan. Selain itu, Danrem berharap, dengan adanya penanaman jagung, singkong dan sereh wangi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Harapan kedepan, perekonomian masyarakat tidak lagi terpuruk, dan masyarakat dapat menikmati apa yang kita lakukan sekarang ini,” imbuhnya.

Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi dalam sambutannya mengatakan, adapun dalam kegiatan penanaman ini penanaman jagung dilahan seluas 3 hektar, singkong dilahan 1 hektar dan sereh wangi 1 hektar.

“Untuk bibit sendiri, jagung sebanyak 120 kilogram jagung manis 20 kilogram, singkong 2000 batang dan sereh wangi 5000 batang.Ketersediaan lahan ini dari bapak H Mulyadi Jayabaya, untuk bibit sereh wangi dari BI Provinsi Banten, dan untuk pengolahan lahan dan pendampingan dari Pertanian,” terang Dandim

Sementara itu Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya mengucapkan terimakasih kepada Danrem, Dandim, TNI Polri dan jajaran serta seluruh elemen. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada H Mulyadi Jayabaya yang telah mengijinkan lahannya untuk ditanami jagung, singkong dan sereh wangi tersebut.

“Kita berharap ini upaya kita untuk mendukung ketahanan pangan, sekedar menanam masyarakat sudah terbiasa. Kita ikhtiar, namun pemasarannya, pemerintah dan steakholder agar bisa mengkomunikasikan untuk menjaga stabilitas harganya,” katanya.(ade/bud) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *