Tingkatkan Profesionalisme, 81 ASN Ikuti Program Induksi Guru Pemula

Tingkatkan Profesionalisme, 81 ASN Ikuti Program Induksi Guru Pemula

 

JUARAMEDIA LEBAK – Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Banten Wilayah Lebak komitmen meningkatkan profesionalisme guru yang bertugas di Lebak. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 27 Tahun 2010 Tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula, KCD Dikbud menyelenggarakan pelatihan untuk guru pemula di SMA Negeri 2 Rangkasbitung.

Kepala KCD Dikbud Banten Wilayah Lebak A Sirojudin Alfarisy mengatakan, PIGP merupakan kegiatan orientasi, pelatihan, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran dan konseling bagi guru pemula di  sekolah. Tujuannya, agar guru pemula beradaptasi dengan iklim kerja atau budaya sekolah dan melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional.

“Program induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru bagi guru pemula yang berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.  Bagi guru pemula yang berstatus bukan PNS, PIGP dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan guru tetap,” kata Sirojudin kepada wartawan, Senin (13/7).

Dengan kegiatan PIGP, Sirojudin berharap para guru pemula yang bertugas di SMA di Lebak bisa lebih profesional. Mereka ikut mendukung peningkatan kualitas generasi muda di daerah. Sehingga para pelajar di daerah mampu bersaing dengan pelajar dari kabupaten kota lain di Indonesia.

“Saya juga meminta kepada para guru senior dan kepala sekolah untuk terus membimbing guru pemula yang bertugas di Lebak. Guru yang berkualitas dan profesional akan menentukan out put pendidikan di Lebak,” jelasnya. (yaris)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *