Tingkatkan Kesadaran, Polres Lebak Optimalkan Operasi Kendaraan 

Tingkatkan Kesadaran, Polres Lebak Optimalkan Operasi Kendaraan 

Penulis :Arya |Editor :Budy 

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Kepolisian Resort (Polres) Lebak mengoptimalkan operasi kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) guna meningkatkan kesadaran berkendaraan agar mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kami melihat tingkat kesadaran pengemudi yang mengendarai kendaraan cukup rendah,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlanta) Polres Lebak, AKP Fikry Ardiansyah saat menggelar operasi di Jalan Multatuli Rangkasbitung, Sabtu malam (7/3/2020).

Operasi kendaraan itu, jelas dia, untuk mengantisipasi kejahatan dan kriminal juga melakukan penertiban bagi pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Selama ini, banyak pengendara khususnya roda dua tidak mentaati peraturan lalu lintas, seperti mereka tak menggunakan helm dua,” ujarnya.

Penggunaan helm itu, kata dia, dinilai sangat penting untuk keselamatan pengemudi maupun penumpang. Selain itu juga operasi rutin ini untuk mengantisipasi kebut-kebutan di jalanan yang bisa membahayakan bagi pengemudi sendiri dan orang lain.

“Kami melakukan tindakan penilangan surat kendaraan baik STNK maupun SIM bagi pengemudi yang melanggar dan jika tidak membawa kelengkapan STNK maka kendaraanya itu diamankan,” tuturnya menjelaskan.

Menurut dia, operasi rutin yang dilaksanakan kepolisian itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengendarai kendaraan dengan tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas. Disamping itu juga dapat meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas.

“Apabila, pengemudi itu memiliki kesadaran dengan tertib mengendarai kendaraan juga menggunakan helm dua dipastikan selamat dalam perjalanan,” imbuhnya.

Karena itu, ungkap dia, kepolisian akan terus mengoptimalkan operasi kendaraan untuk penindakan dengan penilangan agar masyarakat dapat mentaati peraturan lalu lintas. Disamping itu juga pengemudi jika berpergian terlebih dahulu dilengkapi surat kendaraan STNK dan SIM.

“Kami berharap melalui operasi itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas,” imbaunya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Lebak Roji Santani mengapresiasi kepolisian setempat dapat melakukan operasi kendaraan guna mewujudkan tingkatkan kesadaran masyarakat meningkat sehingga dapat meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

“Kami mendukung kepolisian melakukan tindakan bagi pengendara motor yang tidak menggunakan helm dua, karena jika jatuh di atas kendaraan bila tidak memakai helm dapat mengakibatkan kematian,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *