oleh

Pemenang Pilkada Jadi Cerminan Pemenang Pemilu 2024

Pengamat politik, Harist Hijrah

Penulis :Arya |Editor :Budy 

JUARAMEDIA.COM LEBAK – Pengamat politik Harist Hijrah menyatakan pemenang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadikan cerminan untuk kemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, karena mesin partai politik berjalan hingga jaringan akar rumput mereka.

“Kami yakin peluang partai pemenang pemilu itu dari cerminan partai pemenang pilkada,” kata Harist Hijrahyang njuga merupakan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Setia Budhi Rangkasbitung saat dihubungi di Lebak, Rabu (26/02/2020).

Saat ini, menurut dia, partai besar masih menjaga angka suaranya dan jika mereka komitmen terhadap hari ini untuk mempertahankan jaringan akar rumput mereka.

“Partai besar masih berpeluang untuk memenangkan pemilu 2024, seperti PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Golkar dan lainnya,” ujarnya.

Namun, jelas Harist, PDI Perjuangan sangat diuntungkan untuk berpeluang memenangkan pemilu, karena kadernya itu menjadi kepala pemerintahan.

“Dimana semua program-program Kementerian itu dipastikan akan membawa lembaga partai untuk mendulang suara,” terangnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat akan menilai hari ini dampak pembangunan yang dilaksanakan pemerintahan.

Untuk potret kemenangan PDI Perjuangan pemilu, lanjut dia, masih dini karena waktu masih terlalu lama.

“Selama ini, partai besar terus membangun kekuatan melalui konsolidasi jaringan akar rumput mereka untuk meraih kemenangan pada pemilu 2024,” imbuhnya.

Menurut Hatist, pertarungan pemilu 2024 itu lebih ketat sehubungan memasuki pasar bebas dan tidak ada lagi pemerintahan incumben. Sebab, Presiden Joko Widodo sudah tidak bisa kembali mencalonkan presiden.

“Karena itu, semua partai politik tengah mempersiapkan tokoh-tokoh nasional untuk tampil pada pertarungan calon presiden tahun 2024,” tuturnya.

Ia menambahkan, berdasarkan lembaga survey Indo Barometer Partai Gerindra berkoalisi dengan pemerintahan Jokowi sangat diuntungkan, karena nama Prabowo Subianto melambung tinggi sebagai calon presiden terkuat pada pemilu 2024.

Namun, jika Jokowi masih bisa dicalonkan presiden tetap survei Indo Barometer masih memilih Jokowi dibandingkan Prabowo.

“Partai besar tetap akan berpeluang untuk pemenang pemilu 2024, karena mesin politik mereka sudah terbangun dari jaringan akar rumput itu,” katanya.

Namun, pihaknya berkeyakinan kemenangan pilkada diberbagai daerah juga bisa menjadikan cerminan untuk memenangkan 2024. Sebab, mesin partai politik mereka berjalan dan cukup solid untuk memenangkan pilkada itu.

“Saya kira kemenangan pilkada itu akan menjadikan modal untuk meraih kemenangan pemilu 2024,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed