oleh

3 M dan Jum’at Bersih Cegah DBD

3 M dan Jum’at Bersih Cegah DBD

 

Reporter :Arya |Editor :Budy 

LEBAK, JUARAMEDIA.COM –  Musim Hujan, tergenang nya Air pada Sampah Plastik, seperti bekas minuman mineral ban bekas, yang bisa menampung Air hujan, sehingga Nyamuk bisa bertelur di tempat tersebut.

Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan melakukan kegiatan 3M menguras, menutup dan mengubur ternyata tidak cukup untuk membasmi berkembangnya jentik nyamuk. Alasannya, jentik nyamuk tidak serta-merta terbawa pada saat bak mandi dikuras.

pada saat menguras bak atau wadah air, seharusnya diikuti dengan menggosok dinding bak atau tempat penampungan air tersebut.

“M yang pertama adalah menguras. Tapi bukan cuma menguras melainkan menggosok dinding bak atau tempat penampungan air karena telur nyamuk dapat menempel erat di dinding bak, sehingga perlu disikat untuk dapat terbuang,” kata Sekertaris Camat (Sekmat) Warunggunung H. Syarif Hidayat S.Km. kepada Juaramedia.com Minggu (26/01/2020).

Ia menjelaskan, telur nyamuk yang menetas dua hari setelah menyentuh air. Sedangkan untuk setiap harinya nyamuk bertelur sebanyak tiga kali. Meski demikian, telur nyamuk pun ternyata tahan di tempat kering hingga waktu enam bulan.

“Artinya, pencegahan dengan menguras air tidak cukup untuk mencegah telur nyamuk tinggal bersama manusia,” ujarnya.

Ia mengatakan, tindakan menguras perlu didukung dengan menutup segala tempat penampungan air.

“Sedangkan, mengenai tindakan mengubur barang bekas, sebenarnya dapat diikuti dengan aksi menggunakan kembali atau mendaur ulang barang yang sudah tak terpakai,” imbuhnya.

Syarif menambahkan, tindakan lainnya menjaga kebersihan lingkungan dengan menghidupkan kembali Jumsih. Jum’at bersih di kampung-kampung.

“Peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan, ini dari masyarakat untuk masyarakat. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci utama memberantas penyakit, apapun itu, dalam hal ini DBD,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed